Tim KKN UGM Bangun Instalasi Pemanen Air Hujan di Kampung Marsi Kaimana

0
Mahasiswa UGM KKN di Kaimana, memangun Instalasi Pemanen Air Hujan di Kampung Marsi. (Foto: Laurens/klikpapua)

KAIMANA,KLIKPAPUA.com– Tim Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Gajah Mada (UGM) membangun Instalasi Pemanen Air Hujan (IPAH-GAMA Rainfilter) di Kampung Marsi, Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana.

Instalasi pemanen air hujan ini dikerjakan Jumat (26/7/2024) setelah meninjau dari sekian banyak titik mata air yang tersebar di Kampung Marsi, tidak satu pun warga yang memanfaatkan mata air tersebut secara lebih efektif dengan menggunakan pipa saluran air dan keran.

Masyarakat yang didominasi oleh suku Mairasi ini, hingga saat ini masih harus menimba air secara manual di sumur atau mengambil di kali terdekat.

“Kitong mata air banyak, tapi tidak tahu cara olahnya, jadi semua ambil di kali atau tadah air hujan saja,” ucap salah satu warga Kampung Marsi, Rosmina Rosalina, Rabu (24/7/2024).

Dari kasus ini, tim KKN PPM UGM Kita Kaimana berinisiasi untuk membangun instalasi pemanen air hujan untuk memudahkan akses air bersih bagi masyarakat setempat. Instalasi permanen air hujan merupakan inovasi dari tim Universitas Gadjah Mada untuk menciptakan air bersih dari hasil tampungan air hujan.

Instalasi IPAH sendiri telah memiliki sistem filter atau penyaring di dalamnya, sehingga air yang keluar melalui keran merupakan air bersih siap pakai.

“Tim IPAH-GAMA Rainfilter hingga saat ini masih berusaha untuk menyebarkan akses air bersih di seluruh wilayah Indonesia melalui instalasi kami khususnya wilayah Timur yang dirasa masih sering kekurangan air bersih,” tutur inisiator program kerja IPAH-GAMA yang merupakan salah satu mahasiswa KKN Kita Kaimana, Eva Syafi’ul.

Mendukung program Ipah-Gama Rainfilter, banyak warga setempat yang turut membantu dalam proses pengerjaan dan pemasangan instalasi tersebut tepatnya di area dekat SD YPK Sisir 1, Kampung Marsi.

Selama pengerjaan warga juga mendapatkan sosialisasi dan penjelasan mengenai cara kerja instalasi IPAH-GAMA Rainfilter.

Harapannya, melalui sosialisasi tersebut, warga desa setempat dapat merawat instalasi yang sudah ada hingga membangun kembali intalasi serupa di beberapa titik lain kedepannya agar semakin banyak air bersih yang dapat diakses oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. (lau)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.