PLN UP3 Manokwari Hadirkan Listrik Tenaga Surya untuk 5 Kampung Terpencil di Wondama

0
118

WASIOR,KLIKPAPUA.com–PT PLN (Persero) terus berkomitmen untuk menghadirkan listrik hingga ke daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia, termasuk kampung-kampung terpencil di Papua Barat.

Bahkan, di tengah pandemi Covid-19 serta dalam semangat ramadhan 1443 H PLN UP3 Manokwari berhasil menghadirkan listrik 5 kampung dengan bersumber pada energi baru terbarukan yaitu tenaga surya (PLTS).

Lima kampung tersebut berada di Kabupaten Teluk Wondama yaitu Kampung Dusner dengan total 83 pelanggan, Kampung Nanimori dengan total 30 pelanggan, Kampung Karuan dengan total 38 pelanggan, Desa Yopanggar dengan total 49 pelanggan dan Kampung Menaru sebanyak total 36 pelanggan.

Launching beroperasinya 5 PLTS ini dilaksanakan di Kampung Dusner, Kamis (14/4/2022) dimana untuk kapasitas masing-masing pembangkit PLTS yaitu PLTS Dusner 40 kWp, PLTS Nanimori 20 kWp, PLTS Karuan 10 kWp, PLTS Yopanggar 30 kWp, PLTS Menarbu 20 kWp.

Dalam launching PLTS 5 kampung ini Wakil Bupati Teluk Wondama, Andarias Kayukatui dalam sambutannya, menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi pelayanan dari PT PLN. Dimana dengan program listrik ini bisa menerangi kampung-kampung yang selama ini belum merasakan listrik yang kontinyu.

“Terima kasih untuk PT PLN (Persero) kini warga bisa menikmati listrik. Kami harap sinergi bersama untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di kampung-kampung, karena listrik menjadi hal yang sangat esensial dalam keberlanjutan program pembangunan. Untuk warga 5 kampung kami harap mendukung dan menjaga aset-aset yg ada, agar listrik bisa kita nikmatin dengan aman dan nyaman,” ungkap Bupati.

Roberth Rumsaur, Manager PT PLN (Persero) UP3 Manokwari, mengatakan pihaknya terus melakukan percepatan untuk melistriki kampung-kampung tersebut hingga rasio kampung berlistrik mencapai 100% sesuai dengan penugasan pemerintah.

“Pemanfaatan energi surya merupakan upaya PLN untuk mendukung percepatan bauran energi baru terbarukan yang ditargetkan pemerintah. Selamat untuk 5 kampung di Teluk Wondama yang saat ini sudah menikmati listrik sebagai kado paskah 2022 dan Ramadhan 1443 H. Kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan prima dan andal. Hal ini mengingat ketersediaan listrik merupakan salah satu poin penting dalam kebutuhan hidup untuk menunjang akses pendidikan, ekonomi bahkan jangka panjang pertumbuhan bisnis dan industri di daerah,” ungkap Roberth Rumsaur

Hadir dalam acara launching manajemen PLN, Pemda Teluk Wondama dan badan bimbingan masyarakat.(rls/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.