Upacara Trandisi Pedang Pora, Iringi Pelepasan AKP Gelora Tarigan

0
141
BINTUNI,KLIKPAPUA.com – Kepolisian Resor Teluk Bintuni menggelar tradisi upacara pedang pora melepas AKP Gelora Tarigan, yang memasuki masa purna bakti, di Lapangan Mako Polres Teluk Bintuni, Iguriji, Bintuni, Selasa (2/3/2021). AKP Gelora Tarigan memasuki purna bakti dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Satuan Reserse Narkoba, Polres Teluk Bintuni.
AKP Gelora Tarigan memasuki purna bakti berdasarkan keputusan Kepolisian Daerah Papua Barat Nomor :kep 38/II/21, pemberhentian dengan hormat dari dinas kepolisian Negara Republik Indonesia. Surat kapolres teluk Bintuni Nomor: B/16/I/21 sumda, 25 Januari 2021 tentang permohonan pemberhentian dengan hormat dari dinas Polri atas nama, AKP Gelora Tarigan. Upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Teluk Bintuni AKBP Hans R. Irawan.
Dalam sambutannya Kapolres mengatakan AKP Gelora Tarigan mengabdi pada institusi Polri sudah menjalani suka dan duka. Maka akhirnya tiba saatnya kami melepas bapak, untuk memasuki masa pensiun. AKP Gelora Tarigan sudah 36 tahun mengabdi sebagai anggota Bhayangkara. “Beliau telah menunjukkan dedikasi yang tinggi bagi institusi Polri. Banyak hal yang bapak telah berikan bagi insitusi ini, sehingga rasanya tidak cukup ucapan terima kasih saja untuk membalas apa yang telah bapak berikan,” katanya.
Kapolres mengatakan seiring dengan berjalannya waktu, pengabdian selaku insan Bhayangkara akan berakhir. Dan akan digantikan oleh generasi penerus, karena ada batasan usia dalam kedinasan. “Purna tugas merupakan suatu hal yang bersifat alamiah dan hendaknya disikapi dengan jiwa yang ikhlas serta penuh semangat. Ada episode kehidupan yang baru yang pasti akan dilewati oleh setiap anggota Polri. Dan ini harus dimanfaatkan secara efektif dan tetap menjaga etos kerja nama baik pribadi dan citra polisi,” katanya lagi.
Kapolres Hans juga memuji Gelora Tarigan sebagai sosok yang membanggakan. AKP Gelora Tarigan patut sebagai contoh serta teladan selama 36 tahun tidaklah mudah untuk dilalui. “Oleh karena itu saya berpesan agar personel yang baru beberapa tahun, masih ada harapan untuk menjalankan tugas sebagai anggota Polri mengabdi dengan baik. Dengan tulus iklas melayani masyarakat. Karena anggota Polri adalah dari masyarakat untuk masyarakat. Oleh karena itu layani lah masyarakat dengan baik, tulus ikhlas, karena kita akan kembali ke tengah-tengah masyarakat,” kata Kapolres.
Sementara itu AKP Gelora Tarigan menyampaikan terima kasih kepada institusi Polri yang telah memberikan napas kehidupan bagi dirinya serta keluarga. Di Polres Teluk Bintuni ia mengaku sangat berkesan sekali. “Pada hari ini saya dilepas dari anggota Polri. Saya mulai bertugas dari mulai lampu Petromax sampe lampu masa LIDI. Saya berpesan untuk kita semua, bahwa di dalam hidup jangan sekali-kali merasa bisa, tetapi kita harus bisa merasa. Inilah yang selalu ditanamkan dalam melayani masyarakat,” tuturnya.
Gelora juga menyampaikan permohonan maaf kepada rekan rekannya di Polres Teluk Bintuni. “Terima kasih semuanya. Saya tidak bisa membalas satu persatu, saya berdoa agar Tuhan memberikan balasan baik serta kesuksesan kepada bapak Kapolres, Wakapolres, Kabang, Kasat, serta teman-teman bintara semua,” ucapnya. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.