TKDD 2022,Kanwil Ditjen Perbendaharaan Papua Barat Teken MoU Bersama Pemda Bintuni

0
123
Pemda Bintuni

BINTUNI,KLIKPAPUA.com— Secara resmi Kantor wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua barat bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni menanda tangani MoU Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), di aula Sasana Karya kompleks perkantoran Pemda Teluk Bintuni, Kamis (17/03/2022).

Transfer ke Daerah dan Dana Desa atau TKDD adalah bagian dari Belanja Negara dalam rangka mendanai pelaksanaan desentralisasi fiskal. TKDD sendiri terdiri dari Dana Perimbangan, Dana Insentif Daerah (DID), Dana Otonomi Khusus dan Dana Desa.

Pelaksanaan TKDD memiliki beberapa hal pokok kebijakan yang menjadi perhatian pemerintah, antara lain melanjutkan kebijakan perbaikan kualitas belanja daerah untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antar daerah.

Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop dalam sambutannya mengatakan, untuk melanjutkan penguatan sinergi perencanaan penganggaran melalui peningkatan harmonisasi belanja daerah, melanjutkan kebijakan peningkatan infrastruktur publik daerah, peningkatan efektivitas penyaluran DAK fisik dan Non fisik serta menggunakan dana desa sebagai instrumen untuk pemulihan ekonomi desa, inilah hal pokok yang menjadi perhatian pemerintah daerah.

“Dengan merujuk kepada alokasi pemanfaatan TKDD yang ditujukan untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Teluk Bintuni terus berkomitmen agar hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan TKDD di daerah  untuk dilaksanakan secepatnya terutama dalam hal penyeraan terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Teluk Bintuni,”ujar Matret Kokop.

Wabup Matret yang menerima pelakat penghargaan terkait Raihan Opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan Kabupaten Teluk Bintuni oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengatakan, ini sekaligus menjadi pelecut semangat dan motivasi Pemerintah Teluk Bintuni agar dapat terus menata pengelolaan keuangan daerah dengan lebih baik lagi ke depan demi mewujudkan masyarakat teluk Bintuni yang damai, maju, produktif dan berdaya saing, harap Wakil Bupati.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Teluk Bintuni Simon Dowan Siba SE, Plt Sekda Teluk Bintuni Drs Frans N Awak, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua Barat Bayu Andy Prasetya S.E.M.S.i, Sekretaris  BPKAD Teluk Bintuni Laras Nuryani S.E, para perwakilan Forkopimda Teluk Bintuni, serta beberapa pimpinan OPD ruang lingkup Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni.(dr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.