Tidak Ada Penambahan, Hampir 100 Persen Pasien Covid-19 di Teluk Bintuni Sembuh

0
220
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Hampir seluruhnya pasien Covid-19 di Kabupaten Teluk Bintuni dinyatakan sembuh terus bertambah. Dari 50 kasus, 49 diantaranya telah dinyatakan sembuh oleh tim medis setempat. Hal ini sesuai update Kamis (25/6/2020) oleh Juru Bicara Tim Satgas Covid-19, dr Wiendo, melalui grup whatsapp.
Pada tabel update penanganan Covid-19 di Teluk Bintuni, tidak ada penambahan kasus positif. Namun ada penambahan 1 OTG dan 1 PDP dari Distrik Kuri. Total OTG sebanyak 515 dan 9 orang PDP. Sementara itu menurut keterangan dr. Wiendo, Rabu (24/6/2020) dijelaskan ada penambahan 2 pasien yang sembuh. Masih tersisa 1 pasien yang masih dalam perawatan yakni di Distrik Babo.
Menurut Wiendo, pasien tersisa ini memiliki riwayat penyakit gangguan jiwa. Sehingga penanganannya sedikit berbeda dengan yang lainnya. “Hari ini (Rabu,red) petugas medis Puskesmas Babo mulai melakukan pendekatan ke pasien untuk proses pengambilan sampel Swab,” katanya melalui sambungan telepon.
Selanjutnya jika petugas berhasil, sampel swab pasien Covid-19 tersebut akan di kirim ke Laboratorium RSUD Teluk Bintuni, untuk pemeriksaan sistem real-time PCR.
Sementara itu, untuk 2 pasien yang dinyatakan sembuh, yakni MRA 20 tahun, Laki-laki, dari Kelurahan Bintuni Timur dan BPU 22 tahun Laki-laki, asal Kampung Argosigemerai. “Berdasarkan pemeriksaan terhadap kondisi klinis pasien yang baik, dan hasil pemeriksaan terhadap sampel dari swab hidung dan tenggorokan dengan menggunakan metode real-time PCR di Laboratorium Klinik RSUD Bintuni pada tanggal 23 Juni 2020 yang menunjukan hasil NEGATIF 2 x (kali) berturut- turut terhadap 2 pasien konfirmasi positif Covid-19, Maka Tim Penanganan Covid-19 RSUD Bintuni menyatakan pasien tersebut telah SEMBUH pada tanggal 23 Juni 2020,” katanya.
Kedua pasien telah diperbolehkan pulang, untuk menjalani isolasi mandiri selama satu Minggu kedepan. Hal ini bertujuan untuk pemantauan pasien. Ia menambahkan pasien Covid-19 di Teluk Bintuni sebagian besar merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG), dengan usia muda, tanpa ada riwayat penyakit bawaan lainnya, sehingga bisa lebih mudah cepat sembuh. (at/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.