Tahun 2019, Tidak Ada Kasus Korupsi yang Ditangani Kejari Teluk Bintuni

0
39
Kepala Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni, Marthen Tandi.
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Pada tahun 2019, tidak ada satu pun kasus tindak pidana korupsi yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni.
Kepala Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni, Marthen Tandi, mengatakan tidak adanya penanganan kasus korupsi di tahun lalu, dikarenakan pihaknya lebih menjalankan tugas pencegahan dibandingkan penindakan.
“Kenapa di tahun 2019 tidak ada kasus korupsi kita, satu sisi pada saat itu ada pelaksanaan Pilpres dan Pileg, kita diposisi menciptakan satu suasana untuk mensukseskan hal ini. Kita juga lebih banyak melakukan tindakan preventif atau pencegahan – pencegahan,” kata Kajari di ruang kerjanya, Selasa (14/1/2020).
Marthen mengatakan dengan adanya pemilukada tahun 2020, pihaknya juga masih mengutamakan tindakan preventif. Hal ini untuk menciptakan pemilihan bupati dan wakil bupati yang aman, lancar, dan sukses. “Kita sudah tidak seperti dulu lebih condong ke penindakan tapi ke pencegahan pengembalian uang kerugian negara,” ujarnya.
Ditanya apakah pada tahun lalu, ada perkara tersangkanya melakukan pengembalian  kerugian negara, dia mengaku belum mendapat laporan dari Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).
“Kami kan ada MoU dengan APIP, sehingga kalau kita mendapat temuan atau laporan dari masyarakat terkait tindak pidana korupsi maka kita berkoordinasi dengan APIP, kalau anatara kita dan APIP mengatakan dia (terduga) bisa mengembalikan, itu bagian daripada usaha prefentiv kita, untuk dia mengembalikan temuan – temuan, seberapa besar dia mengembalikan saya belum dapat data pasti dari Inspektorat,” katanya.
Saat disinggung, tidak adanya perkara kasus korupsi, ada asumsi publik bahwa kondisi daerah baik – baik saja, Marthen mengungkapkan bahwa kondisi daerah stabil bisa dilihat dari perekonomiannya.
“Misalnya masyarakat bisa aman melakukan aktifitasnya, dan sebagainya, tapi kalau dilihat dari apakah proyek pembangunan dan sebagainya terlaksana dengan semestinya, nanti bapak – bapak sama pemda ya.., namun selama ini yang saya alami kondisi masyarakat Bintuni masih kondusif,” katanya. |AT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.