Satu Lagi, ODP di Bintuni Dinyatakan Negatif Covid-19

0
144
Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw.
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni kembali menginformasikan bahwa salah satu Orang Dalam Pemantauan (ODP) dinyatakan negatif Covid-19.
Dalam jumpa pers, di Sekretariat Satgas Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni, di Kantor Dinas Kesehatan, Kilo meter 6, Distrik Bintuni, Selasa (7/4/2020), Bupati Petrus Kasihiw mengatakan sampai dengan Senin (6/4) telah ditemukan 3 orang status ODP, dengan 2 di antaranya dinyatakan negatif, setelah hasil tes metode molekuler yaitu menggunakan Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), Kementerian Kesehatan, keluar. “Saya berpesan kepada seluruh penduduk Kabupaten Teluk Bintuni untuk tetap melakukan social distancing, rutin cuci tangan,  hindari kerumunan, gunakan masker pada saat keluar rumah,” pesan Bupati.
Menurut Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni, dr. Wiendo ke dua ODP yang telah dinyatakan negatif yakni ODP 1 di Menimeri dan yang terbaru ODP 2  berada di wilayah Bintuni. “ODP 2 masih melaksanakan Isolasi mandiri di rumah (hari ke 13),  hari ini (Selasa, red) tidak ada keluhan. Pemantauan setiap hari oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Bintuni,” ujarnya.
Dikatakan, untuk ODP 3 di Muturi, masih juga melaksanakan isolasi mandiri di rumah (hari ke -11). Dalam pemeriksaan yang bersangkutan sudah tidak ada keluhan. “Pengambilan sampel  pertama pada Selasa 31 Maret 2020 jam 15.00 WIT dan sampel kedua  Kamis 2 April 2020 jam 13.00 WIT, Pemantauan gejala setiap hari  selama 14 hari oleh Puskesmas Muturi,” kata dr. Wiendo.
Sementara terkait jumlah orang yang kontak dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) ada 2. Sedangkan jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) sejauh ini telah ditemukan 22 orang. “OTG yang sudah diperiksa sampel ada 16, yang belum diambil sampel berjumlah 6 orang,” katanya lagi.
Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  atau Suspek belum ada. Pasien COVID -19 Terkonfirmasi / Positif  juga masih nol (0). Jumlah warga yang  masuk ke Bintuni dan sudah diskrining  sampai  6 April  2020 di posko skrining, puskesmas dan RSUD Bintuni yakni 11.220 orang. (at/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.