Perkuat Kerjasama Antar Daerah, Bupati Manokwari Berkunjung ke Teluk Bintuni

0

BINTUNI,KLIKPAPUA.com– Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw Jumat (22/9/2023) menerima kunjungan kerja Bupati Manokwari Hermus Indou di kantor Bupati SP 3 Distrik Manimeri.

Kunjungan kerja tersebut dilakukan dalam rangka menjalin kerjasama antar ke dua daerah dalam sejumlah bidang untuk peningkatan hubungan antar kabupaten.

Dalam sambuatnya, Bupati Petrus Kasihiw memaparkan sejumlah progres pembangunan dan capaian kerja yang telah diperoleh selama 20 tahun Bintuni berpisah dari Manokwari sebagai daerah otonomi baru.

“Pertemuan ini jarang terjadi di Papua Barat, ibarat pertemuan ibu dan anak, jadi sebagai anak yang tau diri kita harus hormati ibu kita yang sudah melahirkan kita 20 tahun yang lalu,” ujar Bupati.

Dijelaskan Bupati Petrus, Teluk Bintuni berada di antara 8 segmen batas daerah, karena itu untuk membangun daerah tidak bisa sendiri melainkan harus membangun kerjasama antar kabupaten.

“Saya percaya kunjungan ini akan membentuk pola baru kerjasama, yang nanti akan dibahas lebih dalam lagi,” ujar Bupati lagi.

Sementara itu, Bupati Manokwari Hermus Indou dalam sambutannya mengatakan, kunjungan kerja kali ini selain meningkatkan silaturahmi, juga akan membahas kerjasama antara daerah, terutama disektor perhubungan khususnya perhubungan udara, dimana lintasan jalur udara akan dipusatkan ke Manokwari, tidak lagi melalui Sorong.

Selain itu kerjasama lainnya yang akan dibahas yakni kerjasama infrastruktur jalan sebagai konektifitas antar daerah, sektor perikanan, pertanian dan perkebunan serta sektor pariwisata.

“Kami datang dengan satu misi ingin kerjasama dengan Pemda Bintuni nanti di diskusikan lagi kita akan kerjasama dalam bidang apa, dan dengan ketulusan hati kami mnta tlong kepada bupati kalo bisa kembali lihat orang tua ini,” ujar Hermus.

Dengan berdirinya Provinsi Papua Barat Daya yang menjadikan Kota Sorong sebagai Ibukota Provinsi, Hermus memaparkan kedepan Pemerintah Kabupaten Manokwari akan fokus untuk mengembangkan Kabupaten Manokwari sebagai kabupaten tertua di Papua Barat.(dr)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.