Pemprov Berencana Bangun Pabrik Makanan Kaleng di Bintuni

0
973
Produk makanan lokal yang dikemas dengan kaleng hasil inovasi masyarakat.

BINTUNI, KLIKPAPUA.COM – Pemerintah Provinsi Papua Barat berminat membangun pabrik makanan kaleng produk lokal di Kabupaten Teluk Bintuni.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Provinsi Papua Barat Lince Idorway, Jumat (19/7) mengatakan akan mendorong pembangunan pabrik makanan kaleng di Kabupaten Teluk Bintuni.

Dikatakannya, produk makanan kaleng ini merupakan hasil pengelolaan unggulan masyarakat di 4 distrik yakni Distrik Kaitaro, Tomu, Bintuni dan Manimeri yang sudah dibuat setahun terakhir.

“Kami berharap inovasi dari Bintuni tetap eksis kedepan, tetap dipasarkan secara luas ke seluruh Indonesia, tahun depan dinas provinsi akan mendorong itu menjadi pabrik pengalengan di Teluk Bintuni,” katanya.

Dikatakan pembangunan pabrik ini akan dibangun dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) APBD provinsi tahun anggaran 2020. Lokasi pembangunan pabrik ini akan berada di Kampung Banjar Ausoy SP 4, Distrik Manimeri.

Adapun hasil olahan makanan kaleng ini adalah kepiting saos tiram, udang asam manis, papeda kuah kuning congge, ikan sembilang rica-rica, keladi tumbuk dan gernison.

Sebelumnya Lince pernah menyampaikan, makanan kaleng ini sudah masuk tahapan pra riset, dan tahapan riset, setelah itu legalitas usaha  akan dilakukan.

“Pembangunan pabrik kami usulkan di APBD kita coba juga akan usulkan di DAK pusat tahun 2020, dengan kebutuhan anggaran Rp 4 miliar untuk pembangunan pabrik dan mesin” pungkasnya.

Dengan adanya produk makan kaleng diharapkan dapat menjadi ikon daerah serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. (at)

 Editor: BUSTAM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.