Pemda Teluk Bintuni Gelar Upacara HUT Proklamasi ke-76 Secara Terbuka

0
144
BINTUNI,KLIKPAPUA.com—Ditengah Pandemi Covid-19, Upacara Hari Ulang Tahun (HUY) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 di Kabupaten Teluk Bintuni digelar secara terbuka di Lapangan Kantor Bupati SP 3, Distrik Manineri, Selasa (17/8/2021). Upacara yang berlangsung secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, dilakukan sederhana tanpa pasukan lengkap paskibraka.
Jika biasanya pengibaran bendera setingkat Kabupaten dilakukan oleh pasukan formasi 17, 8 dan 45, tak demikian tahun ini. Upacara pengibaran bendera hanya dibawa oleh tiga orang paskibraka yakni Moh Amirul Haq alumni SMA Muhammadiyah Bintuni, Wempi Waney SMA N 1 Bintuni dan Tri Widyaningsih Alumni SMA Baitul Amin Bintuni. Ketiganya bertugas mengibarkan bendera merah putih.
Meskipun sederhana, namun tahun ini upacara di hadiri staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar yang secara khusus di Utus presiden ke Bintuni untuk meninjau progres pembangunan di kabupaten yang masuk dalam desain pemerintah pusat sebagai kawasan ekonomi khusus dan kawasan industri. Sempat di guyur gerimis namun kondisi ini tak mengurangi hikmat makna kemerdekaan tahun ini. di akhir upacara dilakukan penyerahan Penghargaan Satya lencana karya Satya kepada ASN dengan masa Bakti 30, 20 dan 10 Tahun.
Pemberiaan enghargaan secara simbolis diterima Plt Sekda Frans Awak, Plt Badan Kepegawaian Dan Pelatihan (BKPP) Derek Asmuruf, Plt Kasatpol PP Irai Suartika, Kabid Yankes Dinas Kesehatan Marinus Aronggear, Kabid Pengawasan dan oengendalian Bapenda Zeth Kehek, Sekertaris BPBD Benoni Tiri dan Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Anak DP3AKB.
Selain pemberian penghargaan juga dilakukan penyerahan sertifikat Tanah kepada Kantor pengadilan, pasar Manimeri, markas TNI AL dan Kantor Pertanahan Bintuni.
Kegiatan juga Di tutup dengan pemberian santunan kepada pihak keluarga salah satu tenaga kesehatan yang gugur terpapar Covid 19 ketika melaksanakan tugasnya. Adalah Waita Manibui petugas kesehatan di distrik Fafurwar diberikan santunan sebesar Rp. 150 Juta yang diterima oleh sperwakilan keluarga.
“Santunan ini adalah ungkapan terimakasih kami kepada almarhum yang selama ini sudah mengabdikan dirinya untuk melayani masyarakat di Bintuni, terimakasih atas perhatiannya dan dedikasinya kepada warga Bintuni,” kata Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw ketika memberikan santunan secara simbolis kepada pihak keluarga.
Usai pelaksanaan Upacara dilanjutkan dengan mengikuti upacara secara virtual di Ruang sasana Karya, penaburan bunga di pelabuhan Bintuni serta pemberian remisi di Lapas Bintuni.(dr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.