Pemda Teluk Bintuni Akan Datangkan Alkes Khusus Covid-19

0
117
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM -Pemda Teluk Bintuni mulai melakukan pengadaan alat kesehatan (alkes) untuk mendeteksi atau mencegah penyebaran virus Covid-19 di daerahnya.
Kepala Dinas Kesehatan Teluk Bintuni Frangky D. Mobilala, Jum’at (20/3/2020) mengatakan, sejumlah Logistik kesehatan yang akan didatangkan adalah Alat Pengukur Suhu tubuh atau Termometer Tembak (termometer infrared) dan baju astronot serta cairan disinfektan. “Logistik sudah mulai beberapa didatangkan, dan hari ini atau besok logistik sudah tiba, termasuk termometer atau termogram dan baju astronot,” katanya.
Dikatakannya, pihaknya melakukan pengadaan termogram sementara sebanyak 20 buah, karena harganya yang sangat mahal dari biasanya hanya Rp. 400 ribu sekarang sudah menembus Rp 2,4 juta rupiah.
Demikian juga dengan masker, Frangky mengatakan dari update terakhir data jumlah masker ada 300 dos dengan masing2 dos berisi 50 buah, maka saat ini jumlah masker yg ada sebanyak 15 ribu.
“Baju astronot mungkin dua tiga hari sudah tiba dari Sorong, untuk penambahan masker kami cukup tapi tetap akan kami tambah, kami akan lihat apakah ada yang perlu kita distribusikan atau tidak, Kita akan pastikan logistik dulu, kalo memungkin akan didistribusikan, salah satunya kami sudah distribusikan ke Babo,” ujar Frangky
Sejak terbentuknya Satgas Covid 19 Kamis (19/3/2020)  yang diketuai Sekda Gustaf Mabuputy, tim satgas sudah mulai melakukan pemeriksaan di sejumlah titik, diantaranya di pelabuhan,  bandara, pintu masuk jalan darat, dari Manokwari. Serta di beberapa Puskesmas, yakni Puskesmas Manimeri, Muturi dan Bintuni termasuk Rumah Sakit Umum Daerah.
Direncanakan Tim Satgas Covid -19, bersekretariat disalah satu ruangan Dikantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kilo Meter 6, Distrik Bintuni. Siap pelayanan dibuka selama 24 jam.
Sementara update perkembangan info Covid -19 di Teluk Bintuni per 20 Maret 2020, Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 : 0, sudah diperiksa/diswab : 0, negatif : 0, hasil positif : 0, masih dalam proses : 0.
Orang dlm pemantauan saat ini(ODP) : 0, Pasien dlm pengawasan saat ini (PDP) : 0, pasien (PDP) meninggal : 0, dan Pasien kondisi probable saat ini : 0. (at/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.