Pemda Teluk Bintuni Akan Bangun Pelabuhan Feri di Tofoy

0
204
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni berencana membangun Pelabuhan Kapal Feri di Tofoy, Distrik Sumuri, mulai tahun 2019. Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw mengatakan hal ini, Senin (30/9/2019). Menurutnya, Pelabuhan Tofoy konstruksinya sudah dirancang dan tinggal dikerjakan.
“Tinggal om dorang, tete, kakak dorang bicara dengan pemilik tanah  pelabuhan itu, supaya barang ini (pembangunan pelabuhan Taroy) bisa jalan,” kata Bupati Petrus Kasihiw mengisyaratkan agar masyarakat mendukung program dibidang transportasi laut itu.
Bupati mengatakan pelabuhan tersebut didesain untuk kapal feri. Sehingga dapat mempermudah mobilisasi barang dan penumpang dari Tofoy ke Bintuni begitu sebaliknya.
“Daerah ini (Sumuri) harus terbuka, supaya ekonomi bisa tumbuh, untukmu mari kasih tahu keluarga, terkait kepentingan umum mari dukung,” kata Bupati lagi.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara, Dinas Perhubungan Teluk Bintuni, Syaifudin mengatakan tahun ini pengadaan material tiang pancang. “Di Tofoy nanti dermaga Feri, jadi dermaga konfensional yang dikhususkan untuk kapal feri,” ucapnya.
Dikatakannya, proses mulai pembangunan dalam waktu dekat. Apabila anggaran memungkinkan, proyek ini selesai dan bisa beroperasi diakhir tahun depan. “Nanti pasangannya Pelabuhan Kampung Lama, jadi bapak ibu dari sini (Sumuri) bawa kepiting, udang, mau ekspor ke luar Bintuni, kendaraan langsung naik ke kapal turun di Bintuni dan langsung ke Manokwari, dan dikirim ke Makassar atau ke Jakarta,” ujarnya.(at/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.