Manasik Haji, Depag Teluk Bintuni Tingkatkan Fisik dan Mental Jamaah

0
204
Acara manasik haji tingkat kabupaten Teluk Bintuni di aula Kantor Kementrian Agama, Kabupaten Teluk Bintuni, Rabu (18/03/2020).
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop membuka acara manasik haji tingkat kabupaten di aula Kantor, Kementrian Agama, Kabupaten Teluk Bintuni, Rabu (18/3/2020).
Didampingi kepala Kantor Departemen Agama (Depag) Teluk Bintuni Rofiul Amri, Manasik Haji ini dihadiri seluruh calon peserta haji tahun 2020 dari Teluk Bintuni.
Wakil Bupati, dalam sambutannya mengatakan, terselenggaranya kegiatan manasik Haji tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Teluk Bintuni ini adalah salah satu poin penting yang sangat bermanfaat bagi calon Jamaah Haji yakni untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan Ibadah Haji yang sesuai dengan Syariat Islam serta proses perjalanan Haji.
“Kita semua yang mendapat kesempatan ke Tanah Suci tahun ini sudah sepantasnya bersyukur, karena masih banyak diantara saudara – saudara kita yang seharusnya berangkat, akan tetapi harus tertunda keberangkatannya karena berbagai hal, oleh karenanya kepada kita semua agar dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan Ibadah Haji, baik persiapan fisik maupun mental,” jelas Matret Kokop.
Matret berharap, para jamaah calon Haji Kabupaten Teluk Bintuni supaya dapat mengikuti Manasik Haji dengan sungguh – sungguh menyiapkan fisik maupun mental agar dapat melaksanakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna.
Ia berharap Kabupaten Teluk Bintuni dapat menjadi teladan dimata internasional, selain itu agar senantiasa memiliki kesadaran, tanggung jawab, dan integritas sebagai seorang muslim yang mampu memotivasi umat untuk senantiasa berpikir positif, saling mengingatkan dan menasehati, menghargai perbedaan dan toleransi.
Matret Kokop, menambahkan  kepada para tamu Allah SWT yang mengikuti Manasik Haji tahun ini agar benar – benar menggunakan waktu dengan baik selama kegiatan ini berlangsung, karena manasik Haji ini dilaksanakan dengan tujuan agar para jamaah nantinya lebih siap dan mandiri dalam melaksanakan Ibadah Haji dan memperoleh Haji Mabrur sepulang dari Tanah Suci.
Kepala Depag Teluk Bintuni melaporkan Jumlah peserta manasik haji tahun 2020 masih sama seperti tahun sebelumnya,
dari 752 calon jamaah haji Papua Barat kuota haji di Kabupaten Teluk Bintuni sesuai keputusan gubernur dan kakanwil mendapatkan 37 orang.
Untuk Kabupaten Teluk Bintuni kuota calon jamaah semuanya masih muda dibawah usia 70 tahun.
Jamaah haji tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, ditengah wabah virus covid- 19, sehingga Indonesia sendiri belum tahu apakah haji ini nanti dilaksanakan atau tidak, karena pemerintah Arab Saudi masib menutup kuota umroh. Direncanakan penerbangan awal 10 Juli untuk kloter gelombang pertama. (at/bm)

Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.