Kantongi Izin Umumkan Hasil PCR, RSUD Bintuni Rilis 3 Pasien Covid-19 Sembuh

0
129
BINTUNI,KLIKPAPUA.COM– Kantongi izin dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Bintuni kini bisa mengumumkan hasil pemeriksaan sampel dari swab hidung dan tenggorokan dengan menggunakan metode real-time PCR.
Rilis perdana pengumuman hasil pemeriksaan sampel real-tim PCR secara mandiri di RSUD Teluk Bintuni, Rabu (20/5), sebanyak tiga orang pasien  konfirmasi Positif Covid-19, dinyatakan sembuh.
Juru Bicara Tim Satgas Covid-19, Kabupaten Teluk Bintuni, dr. Wiendo membenarkan bahwa pihak RSUD Teluk Bintuni sudah mengantongi izin dari badan penelitian dan pengembangan kesehatan (Balitbangkes) Jakarta dan bisa secara mandiri melakukan pemeriksaan PCR dan mengumumkan hasilnya ke masyarakat. “Izinnya dari Balitbangkes kemarin (Selasa,red) disampaikan kepada direktur rumah sakit kami, dr. Eka,” katanya melalui sambungan telepon seluler.
Menurutnya dengan adanya izin ini, maka kedepan Tim Satgas Covid-19 Teluk Bintuni tidak perlu lagi mengirimkan sampel swab ke Makasar. Namun ia menjelaskan pihaknya tetap harus mengirimkan  ke Jakarta untuk dicrosscek dan menjamin kualitas hasil pemeriksaan di laboratorium RSUD Teluk Bintuni.
Sementara untuk tiga pasien positif Covid-19 yang sembuh, ia mengatakan sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi klinis pasien, selama perawatan di Ruangan Isolasi Covid-19 RSUD Teluk Bintuni sejak tanggal 04 Mei hingga 20 Mei 2020. Hasil pemeriksaan terhadap sampel dari swab hidung dan tenggorokan dengan menggunakan metode real-time PCR tanggal 8 – 9 Mei 2020 di Laboratorium Klinik RSUD Bintuni menunjukan hasil negatif 2 kali berturut- turut.
Tiga orang pasien tersebut yakni Tn. LAR 30 tahun, Ny. IRA 35 tahun dan Tn. RY 31 tahun, alamat Modan Babo, Distrik Babo. “Berdasarkan pemanatauan tim kesehatan kami, kondisi pasien baik dan tidak ada keluhan, dan dari hasil pemeriksaan swab hidung dan tenggorokan negatif sehingga kami nyatakan pasien sembuh dan sudah bisa pulang,” katanya.
Tiga pasien yang telah sembuh ini sudah diantar pulang oleh Tim Satgas Covid-19 Teluk Bintuni menuju Distrik Babo pada Rabu 20 Mei 2020. Hingga tanggal 20 Mei 2020 telah dilaporkan 22 warga Teluk Bintuni yang konfirmasi Positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan real-time PCR dan 3 warga Teluk Bintuni telah dinyatakan sembuh. (at/bm)

Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.