Jokowi Menang Banyak di Teluk Bintuni

0
470
Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu tahun 2019 oleh KPU Teluk Bintuni. (Foto : Ist)

KLIKPAPUA.COM,BINTUNI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Teluk Bintuni telah menyelesaikan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu tahun 2019, Rabu (8/5/2019).

Rapat pleno yang dibuka 2 Mei lalu, berakhir 8 Mei. KPU Teluk Bintuni melaksanakan perhitungan suara per distrik hingga pukul 00.00 WIT setiap harinya.  Tapi di hari terakhir rapat pleno berlangsung pagi. Pembacaan penetapan hasil pemilu 2019 tingkat kabupaten dibacakan sekitar pukul 03.00 WIT subuh hingga terbitnya matahari.Hampir semua petugas penyelenggara, saksi, pemantau pemilu, serta petugas kenamaan tidak tidur.

Sesuai hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara, untuk pemilihan calon presiden dan wakil presiden periode 2019 -2024, KPU Teluk Bintuni  menetapkan  menetapkan pasangan calon no urut 01. Joko Widodo- K.H. Maruf Amin memperoleh 35.500 suara.

Sementara   pasangan calon No. urut 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Salahudin Uno hanya memperoleh 7.347 suara. Dimana jumlah suara sah 42.857, dan  jumlah suara tidak sah sebanyak 755.

Dari hasil rapat pleno, terlihat kemenangan paslon No. 01,  Jokowi-Maruf Amin memperoleh suara terbanyak di Distrik  Bintuni dan Distrik Manimeri.  Karena ke dua distrik ini memiliki jumlah pemilih terbanyak dibandingkan 22 distrik lainnya.

Selain itu di sejumlah distrik lainnya seperti distrik pegunungan dan pesisir pasangan Jokowi-Maruf juga memperoleh suara terbanyak.

Pelaksanaan penghitungan suara di tingkat kabupaten selama seminggu ini, untuk penghitungan suara capres dan cawapres kondisi di aula KPU Teluk Bintuni cukup kondusif dan tidak ada protes dari saksi maupun warga.

Dijadwalkan hasil rapat pleno tingkat Kabupaten Teluk Bintuni akan di bawa ke Manokwari untuk di plenokan tingkat provinsi. (at/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.