Hadirkan para Tokoh, Kesbangpol Teluk Bintuni Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik

0
Badan Kesbangpol Teluk Bintuni, Rabu (13/9/2023) menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi tokoh pemuda/pelajar, tokoh masyarakat, tokoh agama, adat dan tokoh perempuan di gedung Departemen Agama Tisay Distrik Bintuni.
BINTUNI,KLIKPAPUA.com–Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Teluk Bintuni, Rabu (13/9/2023) menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi tokoh pemuda/pelajar, tokoh masyarakat, tokoh agama, adat dan tokoh perempuan di gedung Departemen Agama Tisay Distrik Bintuni.
Bupati Teluk Bintuni melalui Pjs Sekda I B Putu Suratna, mengatakan tujuan pendidikan politik ini adalah, agar masyarakat memiliki kemampuan berfikir secara kritis, rasional dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Dikatakan pula, akhir-akhir ini politik tidak lagi dilihat sebagai sarana untuk mewujudkan kebaikan  bersama, namun sebagai usaha untuk meraih kekuasaan dengan jalan mengintervensi, dan menaipulasi masyarakat yang terdidik paham politik, sehingga memudahkan mereka di mobilisasi untuk kepentingan pribadi elit politik.
“Pendidikan politik diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan politik masyarakat, dan dapat berpartisipasi secara maksimal dalam sistem politiknya, agar dapat membentuk kepribadian, kesadaran, partisipasi masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.
Kegiatan ini juga menghadirkan Komisioner KPU dan Bawaslu dan cukup antusias diikuti peserta. Dalam penjelasanya Komisioner KPU Eko P Utomo sebagai narasumber mengajak semua pihak untuk menyebarkan kampanye damai yang jauh dari fitnah, kampanye hitam dan hoax.
“Mari kita bijaksana dalam menyikapi berita bohong dari media masa, kepada semua tokoh diminta menyampaikan hal baik kepada komunitasnya, karena ini tanggungjawab kita bersama, kami penyelenggara dan juga masyarakat,” ujarnya. (dr)




Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.