Disdukcapil Teluk Bintuni Layani Perekaman e-KTP di Hari Libur

0
180
Menindaklanjuti perintah Kemendagri, petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Teluk Bintuni membuka pelayanan di Pasar Sentral Bintuni, Sabtu.

KLIKPAPUA, BINTUNI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Teluk Bintuni membuka pelayanan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Pasar Sentral Bintuni, Kota Bintuni, Sabtu (6/4/2019).

Pelayanan di hari libur tersebut merupakan instruksi dari pusat, terkait menjelang pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 yang akan berlangsung 17 April mendatang.

Kepala Disdukcapil Teluk Bintuni, Irwansyah Nazar dilokasi pelayanan, mengatakan pelayanan perekaman di hari libur Sabtu dan Minggu tersebut merupakan tindaklanjut dari surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tertanggal 28 Maret 2019, dalam rangka percepatan perekaman KTP elektronik.

“Maka kami melakukan sesuai perintah dari Mendagri, hari Sabtu dan Minggu kita melakukan pelayanan. Sehingga masyarakat yang belum lengkap administrasi pendidikannya bisa terlayani, terutama menjelang pemilu legislatif dan presiden dan wapres yang tinggal beberapa hari lagi,” kata Kepala Dinas Dukcapil.

Dikatakannya, pada hari libur pelayanan dilapangan khusunya kali ini dilaksanakan di Pasar Sentral Bintuni. Sementara untuk hari kerja, pihaknya membuka di kantor Disdukcapil uang beralamat di Komplek Perkantoran Bupati, SP 3, Distrik Manimeri.

“Hari ini (kemarin,red) kita di pasar, Minggu kita coba bergeser di beberapa titik, seperti di Kampung Nelayan,” ujarnya.

Irwansyah menjelaskan perekaman yang dilakukan dilapangan sistem offline. Selanjutnya data akan didaftarkan secara online setelah di kantor, karena pelayanan jemput bola dilapangan pihaknya belum bisa secara online yang bisa langsung cetak.

“Pelayanan ini gratis, karena negara sudah menggariskan itu sesuai undang -undang 24 tahun 2013 tentang perubahan undang -undang 3 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan, semua pelayanan administrasi kependudukan digratiskan tidak dipungut biaya, jadi tinggal masyarakat mau datang melakukan perekaman,” pungkasnya.

Dia mengatakan pelayanan sistem jemput bola seperti ini telah dilaksanakan dibeberapa titik, diantaranya sekolah -sekolah, lembaga pemasyarakatan, distrik -distrik diluar Kota Bintuni dan beberapa wilayah. Kemudian selanjutnya pihaknya juga akan membuka pelayanan di sekolah -sekolah yang belum tersentuh. (at)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.