Banjar Ausoy Bintuni, Siap Sambut Program Nasional Sertifikasi Tanah Gratis

0
120
BINTUNI,KLIKPAPUA.com – Pemerintah Kampung Banjar Auosy SP 4, Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni telah siap menyambut program nasional sertifikasi tanah, dari pemerintah pusat.
Membahas program yang akan dilaksanakan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Perwakilan Kabupaten Teluk Bintuni di tahun 2021 ini, Pemerintah Kampung Banjar Ausoy menggelar pertemuan dengan Bapperkam, ketua RT/RW, tokoh masyarakat, di kantor kampung setempat, Rabu (3/3/2021).
Usai rapat, Kepala Kampung Banjar Ausoy, Sudirman mengatakan dari hasil rapat pihaknya siap menyambut program tersebut. Selanjutnya, informasi program sertipikat gratis akan disosialisasikan ke masyarakat oleh ketua RT/RW.
Ia mengatakan penyeelsaian persoalan peta tanah yang ada di SP 4, yang merupakan lahan eks  Transmigrasi, menjadi prioritas program ini. Selain itu sebagian besar juga telah dijual belikan  kaplingan. “Program sertipikat gratis ini, kami rencananya mau dapat 1000, tapi 800 untuk Kampung Banjar Ausoy dan 200 untuk Kampung Idut (kampung pemekaran),” katanya.
Sudirman mengatakan dengan kuota 800 lembar sertipikat gratis, seyogyannya masih kurang, mengingat pemecahan kepala keluarga (KK), dan yang sudah dijual kaplingan, cukup banyak. Ditaksir telah mencapai ribuan petak lahan yang belum bersertipikat. “Nanti kalau lebih dari 800 yang diusulkan oleh warga, kita akan coba minta tambah kuotanya,” kata Sudirman.
Ia berharap warga SP 4 ikut mensukseskan program Presiden Joko Widodo ini. Sehingga Kampung Banjar Ausoy bisa menjadi kampung tertib administrasi pertanahan. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.