80 Pejabat Eselon III dan IV Pemkab Teluk Bintuni Ikut Diklat PIM

0
114
BINTUNI,KLIKPAPUA.com— 80 pejabat eselon III dan IV Mulai, Kamis (19/8/2021) mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan IV di Gedung Serbaguna Kota Bintuni. Dibuka Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw, Diklat ini akan dilaksanakan secara Virtual selama 97 hari kedepan.
“Untuk Diklat kepemimpinan pengawas 40 orang, dan diklat pejabat administrator 40 orang, kegiatan pembelajaran kelas selama 30 hari setelah itu akan dikembalikan ke masing-masing OPD Untuk aktualisasi bidang selama 60 hari,” kata Kepala Bidang Pengembangan Aparatur Sipil dan Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Welem Tomouw.
Dikatakan, Diklat PIM tahun ini dilaksanakan secara virtual meningat masih dalam kondisi pandemi. Peserta Diklat akan diberikan materi dan jadwal setiap harinya untuk mengikuti pembelajaran melalui jaringan internet di kedudukan masing-masing.
Sementara itu, untuk pemateri BKPP melakukan kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar dan Widyaswara Papua Barat. “Sebenarnya ada studi lapangan, namun karena dalam kondisi Covid sehingga mereka tidak diizinkan untuk keluar Papua,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw ketika membuka kegiatan ini mengatakan, tujuan dilakukannya diklat pim ini adalah membentuk kompetensi kepemimpinan manajerial, bagi pejabat struktural eselon III dan IV yang akan berperan menjalankan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing.
Kompetensi kepemimpinan dimaksud adalah, membangun karakter dan sikap integritas, membuat perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di instansinya, melakukan kolaborasi secara internal dan eksternal, melakukan inovasi sesuai dengan bidang dan tugasnya guna mewujudkan pelaksanaan yg lebih efektif dan efisien, serta mengutamakan seluruh potensi Sumber daya internal dan eksternal.
Bupati Kasihiw juga mengungkapkan, keberhasilan diklat ini ditentukan oleh semua pihak yang terlibat didalamnya, baik penyelenggara, peserta, fasilitator dan mentor, oleh karena itu Bupati berpesan agar ada kerjasama yang baik dari semua pihak, demi terciptanya kepemimpinan perubahan pada tatanan semua pejabat eselon III dan IV, dengan tuntutan di era globalisasi ini. (dr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.