Kapolres Raja Ampat Memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2021

0
104
Kapolres Raja Ampat, Andre Jullius William Manuputty memimpin apel gelar pasukan operasi ketupat tahun 2021 di Mapolres Raja Ampat, Rabu (5/5/2021). (Foto: Ist)
WAISAI,KLIKPAPUA.com—Kapolres Raja Ampat,  Andre Jullius William Manuputty memimpin apel gelar pasukan operasi ketupat tahun 2021, guna meningkatkan sinergitas Polri dan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah.
Apel tersebut berlansung di halaman Mapolres Raja Ampat, Rabu (5/5/2021), dihadiri Sekda Raja Ampat, Dr.Yusuf Salim,M.Si, Basarnas  Brimob, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan unsur TNI/Polri.
Dalam pidato Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang dibacakan Kapolres Raja Ampat Akbp. Andre J. W Manuputty, SIK, mengatakan apel gelar pasukan operasi ketupat 2021, dilaksanakan secara serentak diseluruh jajaran Polri. Selain itu, pemerintah masih terus berjuang menekan laju perkembangan Covid-19 dengan berbagai kebijakan antara lain pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan yakni mamakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3M). “Kita harus bahu – membahu bersinergi dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam menekan laju perkembangan Covid, ” pintanya.
Dalam pelaksanaan operasi ketupat, akan melibatkan 90.592 personil polri, 11.533 personil TNI serta personil instansi tarkait lainnya yang terdiri dari Satuan Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Jasa Raharja dan lain – lain. “Personil tersebut akan ditempatkan pada 333 pos penyekatan untuk mengantisipasi terhadap warga masyarakat yang nekat melaksanakan mudik, ” tegasnya.
Lanjut, sambung Andre berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan,  ada beberapa prediksi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, sabotase, penyalagunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung.  sambung balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan longsor sebagai dampak dari musim penghujan.
Dia harapkan seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak tepat, efektif dan efesien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai karakteristik kerawanan pada masing masing daerah “Saya berharap, capaian tersebut terus ditingkatkan dan menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Polri untuk lebih persiapkan diri serta berikan dedikasi dan pengabdian terbaik dalam pelaksanaan operasi ketupat tahun 2021 ini, ” tutup Andre. (djw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.