Kurangnya Dana Operasional, Puskesmas Taige Jarang Pengobatan di Kampung Terjauh

0
326
PEGAF,KLIKPAPUA.COM–Dana operasional yang cukup di setiap puskesmas dapat menunjang pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan maksimal. Namun apa jadinya kalau dana operasional tersebut tidak cukup ataupun tidak ada. Tentunya akan menghambat pelaksanaan program-progam pelayanan kesehatan bagi masyarakat.
Seperti halnya yang dihadapi oleh Puskesmas Taige di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) saat ini. Kurangnya dana operasional yang disalurkan oleh dinas kesehatan setempat, mengakibatkan puskesmas yang berada di distrik tersebut membatasi pelayanan kesehatan di kampung terjauh.
Distrik yang berbatasan langsung dengan ibukota kabupaten pegaf ini, memiliki tiga kampung terjauh dari pusat ibukota distrik. Dengan menggunakan kendaraan (mobil,red) puskesmas keliling, para tenaga medis ini harus memutari sebuah gunung yang jaraknya puluhan kilo meter untuk menjangkau Kampung Tridaga, Kampung Irbos, dan Kampung Siskedou yang berada di sebelah selatan Distrik Taige.
Seperti yang diungkapkan dokter umum Puskesmas Taige, dr. William Masoleh, ditemui saat menggelar layanan puskesmas keliling di Kampung Ubaisa, Distrik Taige, Senin (9/9/2019).
Menurutnya, anggaran yang disalurkan untuk membiayai operasional kendaraan (puskesmas keliling) tidak cukup untuk melakukan pengobatan dan posyandu secara rutin. Dokter lulusan Unsrat Manado  ini menyebutkan, Karena keterbatasan dana operasional tersebut, pihaknya dalam setahun hanya bisa memberikan pelayanan kesehatan dua kali di tiga kampung ini.
“Khususnya untuk anak-anak balita, mereka harus rutin posyandu.
Jangan sampai mereka mempunyai kekebalan tubuh menurun  yang dapat menyebabkan mereka mudah sakit,” kata dr. Will, sapaan akrabnya. “Kegiatan seperti ini (puskesmas keliling) sering kami (tenaga medis)  yang membiayainya dari uang pribadi,” kata William menambah.
Ia pun mengharapkan adanya perhatian dari dinas terkait akan hal tersebut. Terlebih lagi puskesmas taige adalah salah satu dari 5 puskesmas di negeri kabut yang akan maju akreditasi pada tahun 2019 ini. “Kegiatan yang kami lakukan seutuhnya murni untuk menunjang kegiatan akreditasi puskesmas tahun ini,” tutupnya.|RSL/BM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.