Ketua Bawaslu Pegaf Lantik 166 Panwas Kampung

0
Ketua Bawaslu Kabupaten Pegunungan Arfak melantik 166 panitia pengawas (panwas) kampung di daerah itu.
PEGAF,KLIKPAPUA.COM– Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pegunungan Arfak secara resmi melantik 166 panitia pengawas (panwas) kelurahan/kampung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, di aula SMKN 2 Anggi, Distrik Anggi.
Ketua Bawaslu Pegaf Martinus Nuham menjamin jika panwas kampung yang telah dilantik merupakan sosok pengawas yang  berintegritas untuk mengawasi setiap tahapan pilkada 2020 di Pegaf. “Saya sampaikan selamat atas pelantikan teman-teman sebagai panwas kelurahan atau desa. Saya mengharapkan teman-teman panwas kampung dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan aturan yang ada,” kata Martinus.
Menurut Martinus, panwas kampung merupakan ujung tombak pengawasan pilkada. Suksesnya Pilkada pada 23 September 2020 mendatang ada di tangan 166 orang yang baru saja dilantik. “Tentu saya mengharapkan, tidak terjadi kesalahan-kesalahan di tingkat TPS/kampung seperti pada pemilu tahun lalu di kampung disura distrik taige. Saya minta teman-teman harus mengawasi dengan baik, karena kita yang ada di distrik dan kabupaten hanya menunggu laporan dari teman- teman panwas kampung,” tegas Martinus.
Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, Martinus berpesan, panwas kampung dituntut untuk berkoodinasi dengan lembaga penyelenggara pemilu lainnya seperti PPS maupun pemerintah kampung.
Pada kesempatan tersebut, Martinus mengungkapkan, untuk meningkatkan pemahaman tentang pemilukada,  panwas tingkat distrik (kecamatan) maupun kampung, akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) dalam beberapa waktu kedepan.”Dalam waktu dekat, mungkin dua atau tiga Minggu kedepan kami akan melaksanakan bimtek kepada panwas tingkat distrik agar menjadi modal utama untuk melaksanakan tugasnya sampai ke tingkat bawah. Bimtek ini akan kita lakukan dari semua devisi, yaitu devisi SDM, pengawasan, dan hukum maupun sekretariatan tingkat distrik,” pungkasnya.
Sebagai informasi, pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah janji dilakukan di masing-masing distrik. Namun pada kesempatan tersebut, pelantikan panwas kampung di distrik anggi, Anggigida, sururey dan taige dilaksanakan secara bersamaan di distrik Anggi. Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Bupati Pegaf Yosias Saroy, LO Polres Persiapan Kompol Ockto, Dandim Persiapan Pegaf Kapten Inf. Irian Yanto, dan beberapa personel kepolisian dari Polsek Anggi, dan personel TNI dari Koramil 06 Anggi. (rsl/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.