Buka Pendaftaran Penjaringan Nama Calon DPR Otsus, Yosias Minta Panja Transparan

0
68
Penerimaan berkas calon anggota DPR Papua Barat melalui mekanisme pengangkatan jalur Otsus, di Kampung Susi, Distrik Susi, 18 November 2019

PEGAF,KLIKPAPUA.COM– Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak, Yosias saroy, meminta panitia penjaringan (panja)  nama calon anggota DPR Papua Barat jalur Otsus tingkat daerah ini, untuk transparan dalam setiap proses penjaringan kepada masyarakat.

Demikian disampaikan bupati saat  membuka secara resmi penerimaan berkas calon anggota DPR Papua Barat melalui mekanisme pengangkatan jalur Otsus, di Kampung Susi, Distrik Susi, Senin (18/11/2019).

Menurut mantan ketua DPRD Manokwari ini, jika panja tidak transparan maka akan terjadi kecurigaan di tengah-tengah masyarakat.

Kecurigaan dinilainya menjadi titik awal ketidakpercayaan masyarakat akan hasil dari panitia penjaringan. “Semua proses pendaftaran harus di ketahui oleh masyarakat, panitia harus transparan supaya tidak terjadi kecurigaan masyarakat. Panitia harus membuka seluas-luasnya pendaftaran kepada 10 distrik,” kata Yosias.

Ditempat yang sama, Ketua Panja Nama Anggota DPR Papua Barat jalur Otsus Kabupaten Pegaf Goliat Menggesuk mengungkapkan, pihaknya membuka pendaftaran peserta selama tiga hari.

Dijelaskan, untuk meminimalisir terjadinya konflik, maka panitia hanya akan menerima berkas peserta yang telah direkomendasikan masing-masing distrik. “Satu rekomendasi yang dikeluarkan oleh distrik hanya satu nama. Kalau ada dua nama dari satu distrik, maka kami panja akan mengembalikannya kepada distrik yang bersangkutan untuk memilih satu nama saja,” ungkap Goliat.

Di daerah dengan julukan negeri atas awan Papua ini terbagi dalam 10 wilayah distrik, untuk itu dikatakan Goliat, akan ada 10 nama yang  ikut penjaringan tingkat Kabupaten Pegaf. 10 nama tersebut akan melalui beberapa tahapan penjaringan untuk menghasilkan tiga nama yang akan direkomendasikan kepada Timsel tingkat Provinsi Papua Barat. “Pada tanggal 25 November nanti, kami akan menyerahkan 3 nama. 2 laki-laki dan satu perempuan untuk diseleksi tingkat provinsi,” tandasnya.

Dari pantauan media ini, sudah ada 4 distrik yang telah mendaftarkan nama jagoannya untuk mengikuti penjaringan tingkat kabupaten. Ke empat distrik tersebut adalah Distrik Hingk, Minyambouw, Catubou, dan Membey.(rsl/bm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.