166 Kampung di Pegaf Terima Dana Otsus Tahap I

0
621
Puluhan warga dari beberapa distrik berkumpul di kantor kas Bank Papua cabang Anggi, Distrik Anggi, Senin (12/8/2019), untuk menerima langsung dana Otsus tahap I. (Foto : klikpapua.com)

PEGAF,KLIKPAPUA.COM– Sebanyak 166 kampung yang berada di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf)  menerima dana Otonomi khusus (Otsus) tahap pertama.

Sesuai pantauan, puluhan orang dari beberapa distrik berkumpul di kantor kas Bank Papua cabang Anggi, Distrik Anggi, Senin (12/8/2019), untuk menerima langsung dana ini.

Dana yang digunakan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di 166 kampung, disalurkan   oleh  bank milik pemerintah (Bank Papua) melalui nomor rekening masing-masing kampung.

Kepala Kampung Imandrigo, Distrik Catubo, Yahya Dowansiba, mengungkapkan, pada penyaluran tahap pertama ini masing-masing kampung menerima dana Otsus sebesar Rp. 50 juta, dari total dana Otsus yang diterima pada tahun 2019 sebesar Rp.150 juta. Penyaluran dana tersebut dilakukan dalam 3 tahap.

“Katanya tahun ini kami terima Rp.150 juta, dibagikan dalam 3 tahap. Sementara tahun 2018 kemarin, setiap kampung dipegaf tidak mendapat dana Otsus yang dikelola sendiri,” kata Yahya.

Sementara itu, wartawan mencoba menemui Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pegaf,  yang menjadi instansi penyaluran dana Otsus ke 166 kampung. Namun saat ditemui kepala dinas maupun jajarannya tak berada di tempat.

Selain dana Otsus yang diterima dan dikelola oleh setiap kampung, melalui dinas perumahan rakyat kawasan pemukiman, pada tahun 2019 ini masing-masing kampung di Pegaf mendapatkan 1 unit rumah. Itu artinya, ada sekitar 166 unit rumah yang dibangun menggunakan dana Otsus ini.(rsl)

Editor: BUSTAM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.