Pansel Tingkat Distrik Serahkan Berkas Pendaftaran Calon Anggota MRP PBD ke Pansel Kabupaten Maybrat

0

MAYBRAT, KLIKPAPUA.com- Panitia seleksi (Pensel) Majelis Rakyat Papua (MRP) tingkat Distrik se kabupaten Maybrat menyerahkan hasil musyawarah tingkat Distrik dan berkas calon anggota MRP Provinsi Papua Barat Daya (PBD) ke pansel tingkat Kabupaten, Selasa (9/5/2023).

Ketua Panlih Provinsi PBD yang diwakili oleh anggota Panlih PBD Wolas Krenak mengatakan, kegiatan ini merupakan pesta rakyat, dan harus disambut dengan baik. Pendaftaran ditingkat provinsi akan dimulai pada tanggal 11 Mei 2023 mendatang.

Ferdinandus Taa, Sekda Kabupaten Maybrat mengatakan, dari 20 calon anggota MRP PBD yang akan mewakili kabupaten Maybrat hanya 4 orang saja. Sehingga, diharapkan siapapun yang akan terpilih nantinya dapat menghormati keputusan Pansel tingkat Kabupaten Maybrat.

Ferdinandus berpesan bahwa, keempat orang perwakilan yang terpilih nanti, agat dapat memperjuangkan hak-hak orang asli Papua di Maybrat, baik urusan terkait afirmasi Otsus, urusan adat, gereja dan perempuan.

“Jiika ada hal-hal menyangkut ketidakpuasan dalam proses seleksi ini, ada ruang untuk di diskusikan melalui proses hukum atau menggugat sesuai jalur Hukum yang ada,” tukas Ferdinandus.

Sejumlah nama dari berbagai wilayah diusulkan oleh pansel tingkat distrik, di dalamnya terdapat perwakilan perempuan maupun tokoh adat. Sejumlah wilayah dimaksud diantaranya, Wilayah Ayamaru Raya, Aitinyo Raya, Aifat Raya dan wilayah Yamasses Raya. (ons)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.