Resmikan Gedung FKIP, Markus Waran Buka Kuliah Umum

0
184

MANSEL,KLIKPAPUA.COM – Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran membuka Kuliah Umum dan Syukuran Penggunaan Gedung FKIP Unipa di Kompleks Kamasan, Jumat (7/2/2020).

Markus Waran dalam pemaparannya di Kuliah Umum Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengatakan, Kabupaten Manokwari Selatan di mekarkan berdasarkan UU RI No 23 Tahun 2012 tentang Pembentukan Manokwari Selatan di Provinsi Papua Barat.

Kabupaten Manokwari Selatan memiliki 57 kampung yang tersebar di 6 distrik dan ada sebanyak tiga distrik yang jauh dari ibukota Manokwari Selatan, seperti Distrik Dataran Isim, Tahota dan Neney, sedangkan yang tiga distrik ada di dalam kota Manokwari Selatan.

Lanjut Markus Waran, saat ini ada sebanyak 204 kampung yang telah di mekarkan menjadi kampung persiapan, dan hal itu disusun berdasarkan regulasi No 6 tahun 2014 tentang Desa.

“Dengan usia 7 tahun berdirinya Manokwari Selatan sangat perlu untuk meningkatkan sumberdaya manusia, dengan masuknya fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan maka dari itu pemerintah daerah sangat menyambut baik untuk menjawab kelangkaan SDM yang ada di Tanah Papua,” jelasnya.

“Setelah diresmikannya gedung FKIP saat ini, kedepan sangat perlu untuk di kembangkan jurusan-jurusan lain, agar adik-adik kita yang selesai SMA mereka dapat memilih jurusan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing,” tambahnya.

Dalam mendukung proses perkuliahan di FKIP Unipa, telah disediakan kendaraan transportasi umum dan sudah bekerjasama dengan Bank BRI agar mahasiswa yang kuliah di FKIP Unipa diberikan kartu SIP untuk identitas mahasiswa saat menumpangi mobil kendaraan umum.

“Kendaraan tersebut khusus untuk mahasiswa fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, nanti kita minta data dari program studi untuk data mahasiswa, kalau yang sudah menggunakan kendaraan sudah tidak dapat diberikan kartu SIP tersebut,” ujarnya.

“Dengan adanya mobil ini supaya dapat mengurangi pengeluaran dari pada adik-adik mahasiswa yang kuliah karena ada yang kos dan sebagainya,” tutupnya.

Dalam acara tersebut turut hadir Wakil Bupati Wempi Welly Rengkung, Sekda Hengky V. Tewu, Wakapolres Suroto, Wakil Rektor 1 Unipa Derek Korneles Erari, Direktur Pasca Sarjana Rudi Maturbongs, dan beberapa pejabat di Manokwari Selatan.(eap/bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.