Mansel Ada Faskes yang Terverifikasi KKP untuk Keluarkan Surat Rekomendasi Keluar Daerah

0
121
MANSEL,KLIKPAPUA.com– Di Kabupaten Manokwari Selatan telah ada fasilitas kesehatan yang terverifikasi dan boleh mengeluarkan surat rekomendasi perjalanan keluar daerah (surat keterangan bebas Covid-19). Faskes yang terverifikasi oleh Kantor Kesehatan Pekabuhan (KKP) adalah Apotik Raihan Farma, yang beralamat di Oransbari.
Dokter yang bertugas di Apotik tersebut, Merlins R.Waromi yang dihubungi via seluler, menyampaikan, hingga Senin malam sudah ada 6 faskes yang terverifikasi dan dapat menerbitkan surat keterangan bebas Covid-19. “Kita di Apotik Raihan Farma terverifikasi sejak dua hari lalu, setelah satu hari saya pantau beberapa faskes lainnya di Papua Barat juga sudah ada yang menyusul terverifikasi,” kata Merlins, Selasa (26/1/2021).
Disampaikan, setelah terverifikasi faskes tersebut akan mengeluarkan surat keterangan berbasis elektronik, terbitnya surat tersebut juga akan terkoneksi dengan KKP berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh faskes.
Lebih lanjut, Merlins menjelaskan, bahwa terobosan ini menyusul setelah KKP beberapa kali menemukan adanya surat rekomendasi palsu dan langkah ini juga disebut sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. “Kalau surat yang di print out akan diopor-opor pada saat pemeriksaan, tapi kalau surat elektronik secara teknis tidak lagi, karena pemilik cukup memperlihatkan barkodenya setelah itu petugas akan mengeceknya lewat aplikasi,” tambahnya.(st)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.