Kapal Tol Laut dari Surabaya Merapat di Dermaga Oransbari 

0
358
Kapal Tol Laut kembali merapat di Pelabuhan Oransbari
MANSEL,KLIKPAPUA.COM– Dermaga Oransbari kembali kedatangan Kapal Tol Laut, Selasa (5/5/2020). Tercatat kali ke empat kapal kargo tersebut merapat di tahun 2020.
Berbeda dengan sebelumnya, Kapal Tol Laut hanya sempat sandar satu kali pada tahun 2018 lalu. Kapal yang saat ini sandar adalah Kapal Induk yang langsung datang dari Surabaya. “Kita sudah dua kali menurunkan kontainer di Dermaga Tol Laut, pertama satu kontainer dan kali ini ada dua kontainer yang akan turun, targetnya untuk bulan depan akan ada lima kontainer lagi yang akan masuk,” ungkap Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Manokwari Selatan, Yos Srimaryoso saat dikonfirmasi via telepon selulernya, Selasa.
Saat ini, kata Yus, Dermaga Oransbari sudah masuk dalam rute utama dan tidak lagi menjadi rute penghubung, sehingga Kapal Tol Laut yang sandar di Dermaga ini merupakan Kapak Induk. “Kalau dulu kan kapal penghubung dari Dermaga Biak, kalau sekarang yang masuk ini adalah Kapal Induk yang langsung dari Surabaya,” tegasnya.
Untuk itu para pengusaha di Manokwari Selatan dapat menyambut usaha pemerintah dalam memperjuangkan perubahan rute ini dengan memanfaatkan jalur yang ada. “Dulu keluhan teman-teman pedagang kan biaya agak tinggi, itu karena Kapal Induk dari Surabaya mutar ke Biak dulu, kemudian kontainer Oransbari dimuat menggunakan kapal penghubung, kalau sekarang kapal ini langsung dari Surabaya,” tambahnya lagi.
Sesuai pantauan media, Kapal Tol Laut yang sandar di Dermaga Oransbari memuat 21 orang personil. Menunggu aktifitas bongkar muat, kapal ini akan sandar selama 3 hari. Karena situasi saat ini sedang dalam pengawasan Satgas Covid-19 sehingga anak buah kapal, termasuk kapten kapal akan tetap berada di Dermaga selama proses bongkar muat berjalan. Mengenai kebutuhan logistik, mereka akan berkoordinasi dengan Dinas Perindakop setempat .
Kehadiran Kapal Tol Laut ini juga dipantau langsung oleh Kapolsek Oransbari Ipda Nuryanto, didampingi petugas Dermaga Herman Take, sesuai perintah bupati satgas Covid-19 telah melakukan tes suhu badan kepada semua kru kapal, meskipun hasil tes suhu tubuh semuanya normal, namun masyarakat setempat diharapkan tidak akan beraktifitas di dermaga selama kapal berlabuh.(eap/bm)
 Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.