TPU Pasir Putih Akan Ditata Ulang, Tak Lagi Ada Rumah-Rumah, Hanya Pusara

0
380
Bupati Manokwari, Hermus Indou. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Pemerintah Kabupaten Manokwari akan menata  ulang tempat pemakaman umum yang berada di Pasir Putih, agar jauh lebih baik dan indah dilihat.
“Tempat pemakaman Pasir Putih sudah menjadi alternatif pertama untuk pemakaman kita selama ini, selain itu juga Pemda Manokwari sedang berupaya untuk menyiapkan juga taman pemakaman umum yang baru khususnya yang berada di Andai,” kata Bupati Manokwari Hermus Indou di ruang Sasana Karya saat melakukan pembayaran ganti rugi TPU Pasir Putih, Jumat (21/5/2021).
Menurut Hermus, kedepan nantinya akan diupayakan regulasi untuk TPU Pasir Putih. “Dan mungkin banyak orang nantinya akan bertentangan dengan saya. Dimana nantinya kita akan tata ulang untuk pemakaman, pemakaman tidak lagi menggunakan rumah yang besar-besar, karena itu hanya akan membuat sempit, padahal kita hanya membutuhkan beberapa meter saja, pada saat kita mati,” jelasnya.
Hermus menyampaikan dimana untuk menata taman pemakaman umum baik di Pasir Putih maupun di Andai sedang mempersiapkan peraturan daerah untuk pemanfaatan dan juga pengelolaannya. “Kedepan kita tertibkan, sehingga pemanfaatan kawasan itu tidak semrawut, tapi kita berharap itu bisa menghasilkan lingkungan yang baik dan juga indah dipandang,” ujar Hermus.
Sebelum peraturan daerah itu disahkan, kata Hermus, akan dilakukan sosialisasi lebih dulu ke seluruh masyarakat, sehingga ke depan tidak ada lagi bangunan-bangunan, yang disediakan hanya pusara. “Kita akan menyiapkan lokasinya, petugas yang  menggali kuburan juga kita siapkan sehingga masyarakat hanya tahu mengantarkan jenasa saja, sehingga tidak lagi ada rumah-rumah dikuburan melainkan hanya pusara saja,” tegasnya. Hermus juga mengatakan TPA Andai  akan menjadi TPU karena melihat kapasitas TPU Pasir Putih sudah sangat padat dan tidak mencukupi lagi.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.