TNI Harus Netral, Pangdam VXIII/Kasuari: Kedapatan Bermain Mata, Saya Proses Hukum

0
79
Pangdam VXIII/ Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Pangdam VXIII/ Kasuari  Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menegaskan kepada puluhan prajurit Kodim 1801/Manokwari agar tetap menjaga netralistas TNI.
“Akan diadakan Pilkada Serentak, yang saat ini masuk masa kampanye, sehingga saya berharap kalian harus netral. Meskipun ada saudara atau siapa saja yang ikut berpolitik atau mencalonkan diri saya minta kalian harus tetap netral, jangan ikut-ikutan mendukung sana mendukung sini, ” kata Pangdam saat memberikan arahan di lapangan Kodim 1801/Manokwari, Rabu (7/10/2020).
Pangdam dengan tegas menyampaikan, sebagaimana peran dan tugasnya, TNI harus profesional untuk membantu kelancaran Pilkada Serentak. “Jika saya dengar ada yang bermain mata dengan kegiatan politik ini, akan saya proses hukum, karena memang tentara tidak boleh berpolitik,” tegasnya. “Biarkan masyarakat yang merasakan pesta demokrasi ini untuk mencari pemimpin yang terbaik, dan tugas kita untuk mengawal Pilkada ini dengan membantu kepolisian dan penyelenggara Pilkada agar berjalan aman dan lancar,”  sambungnya.
Pangdam juga berpesan kepada prajurit TNI untuk selalu waspada terhadap bencana non alam Covid-19. Pemerintah membutuhkan andil TNI untuk mendisiplinkan masyarakat, karena itu, tidak boleh bermain-main dengan Covid-19 ini. “Di Jakarta setiap harinya 40 orang pasien terpapar Covid-19 yang meninggal dunia. Kalau sampai hal tersebut terjadi di tanah Papua maka kita akan habis, Covid-19 ini tidak mengenal status, jabatan, umur siapa saja bisa kena, mari kita selamatkan diri kita sendiri, keluarga dan selamat masyarakat Papua Barat,” ujarnya.
Untuk itu TNI dari Kodim hingga Koramil dan Babinsa harus turun tangan membantu pemerintah mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui informasi bahayanya Covid-19, edukasi sosialisasi, pembinaan terus menerus harus dilakukan.
Menurut I Nyoman Cantiasa saat ini sedang menghadapi masa-masa berat, susah dan semua Negara sedang menghadapi hal yang sama.  TNI harus membantu pemerintah menjaga masyarakat agar terhindar dari Covid-19, agar roda ekonomi terus berjalan. “Jangan tutup tempat usaha, namun edukasi mereka agar lebih disiplin dan selalu menerapkan protokol kesehatan, ” terangnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.