Srikandi Papua Nahkodai PN Manokwari, Bupati Hermus: Sebuah Penghormatan dan Ajang Pembuktian 

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Pengadilan Negeri (PN) Kelas IB Manokwari terbentuk sejak tahun 1966 silam, baru kali pertama dinahkodai seorang hakim perempuan asli Papua.

Berlinda Ursula Mayor, seorang srikandi Papua kelahiran Jayapura, 4 Desember 1974 resmi dilantik pada Rabu (4/12/2023) di Aston Niu Hotel Manokwari.

Pelantikan Berlinda Mayor berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mahkamah Agung (MA) RI Nomor 2457/DJU/SK/KP.045/11/2022 tentang Promosi Ketua Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Negeri.

Menanggapi hal ini, Bupati Kabupaten Manokwari Hermus Indou mengaku bangga, dan sebagai sebuah penghormatan oleh negara kepada orang asli Papua (OAP).

“Tentu ini menjadi sebuah penghormatan, penghargaan terhadap orang Papua, seluruh masyarakat Papua di Manokwari menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah dan Negara,” tutur bupati Hermus.

Diutarakan Bupati Hermus, dengan dilantiknya Berlinda Mayor sebagai ketua pengadilan negeri kelas IB Manokwari, tentu ini merupakan suatu kesempatan bagi perempuan Papua untuk memimpin di lembaga hukum negara. Hal ini juga menjadi ajang untuk pembuktian diri bahwasannya orang Papua juga bisa memimpin di lembaga hukum.

“Jika ini berjalan sukses, tentu akan membuka jalan yang lebar bagi generasi Papua lainnya untuk belajar,” cetusnya.

Orang nomor satu di Manokwari ini berharap, Berlinda sebagai salah satu putri terbaik Papua dalam memimpin Pengadilan Negeri ini dapat menegakkan hukum secara adil dan benar.

“Yang paling penting disini adalah keadilan hukum untuk kesejahteraan masyarakat di Manokwari dapat diwujudkan,” kata Bupati Hermus.

Mengingat beragam masalah di daerah ini membutuhkan penanganan di pengadilan, semua ini dapat ditegakkan hukumnya secara benar. (dra)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.