Rustam: PPD dan PPS se Papua Barat Akan Dilengkapi APD Saat Coklit

0
301
Rustam Efendi, Plt Sekretaris KPU Papua Barat.(Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM–  Para petugas penyelenggara pemilu perlu memperhatikan protokol kesehatan, dan akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD).“Para petugas akan kita lengkapi dengan APD lengkap. Yang dilengkapi yakni PPD dan PPS berupa sarung tangan plastik, masker,  pelindung wajah (face shield), hand sanitizer kemudian cairan disinfektan,  sabun cuci  tangan saat melaksanakan  tahapan verifikasi faktual  dukungan calon kepala daerah melalui pencocokan dan penelitian (coklit ),” ujar Rustam Efendi, Plt Sekretaris KPU Papua Barat, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/7/2020).
Menurut Rustam, untuk pengadaan  kelengkapan APD ada beberapa kabupaten yang difasilitasi oleh pemerintah daerah, tapi seyogyanya untuk 9 kabupaten/ kota yang melaksanakan Pilkada mendapat bantuan APD yang bersumber dari dana APBN.
“Contohnya Kabupaten Manokwari APD yang harus dilengkapi oleh penyelenggara kami, pertama untuk petugas Pemutakhiran Data Pemilih  (PPDP) itu berupa  face shield,  handsanitizer,  sarung tangan plastic,  masker  dan tisu kering. Kemudian untuk PPS itu mereka mendapatkan masker masing-masing 4 buah,  handsanitizer kemudian cairan disinfektan,  sabun cuci plus ember berkeran,” ungkap  Rustam.
APD yang sama juga untuk komisioner dan petugas KPU, diberikan masker 4 buah, sabun cuci tangan, handsainitizer, dan cairan disinfekta. “Dan sementara kita sudah siapkan empat wastafel  di depan kantor KPU  Manokwari, selain itu semua penyelenggara diberikan vitamin,” jelas Rustam.
Penggunaan APD  dan penerapan Protokol Kesehatan di khususkan untuk mereka yang akan melakukan tugas coklit yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli-13 Agustus  2020. “Diharapkan teman-teman yang bertugas dalam keadaan sehat dan tetap dalam protokol kesehatan. Dalam mengunjungi rumah harus selalu mencuci tangan, dan harus gunakan APD. Jika ditemukan ada rumah yang disitu ada ODP  maka harus dilakukan koordinasi dengan tim Gugus Tugas setempat di masing-masing kabupaten,” tuturnya.
Ditambahkan Rustam di Kabupaten Manokwari ada 505 petugas yang akan dikerahkan untuk melayani 62.000 jumlah KK.  Mereka akan dilengkapi dengan formulir, stiker, atribut topi putih dan lain sebainya. Kegiatan Coklit ini akan dilakukan serentak semuanya di 9 kabupaten/kota yang melakukan pemilu. (aa/bm)
Editor: BUSTAM
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.