Bakal Punya Gedung Representatif, Ketua DPR PB Apresiasi Kebijakan Gubernur Dominggus

0
79
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Ketua DPR Papua Barat Orgenes Wonggor menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan yang telah merealisasikan pembangunan gedung DPR Papua Barat.
“Karena saat ini belum representatif kantor yang DPR pakai, diperlukan ruangan untuk rapat paripurna antar komisi dan menerima aspirasi dari masyarakat. Semoga setelah gedung ini selesai lebih meningkatkan kerjasama, bersinergi yang bermanfaat dan positif bagi kemajuan Provinsi Papua Barat,” tutur Orgenes Wonggor dalam sambutannya di Andai I Manokwari, Rabu (4/5/2022).
Dikatakan gedung kantor DPR Papua Barat akan menjadi ikon perkantoran pemerintah di Provinsi Papua Barat. “Dikarenakan, hal ini adalah langkah yang sangat positif karena dari sejak berdirinya dan perjalanan pemerintahan di Provinsi Papua Barat, DPR belum mempunyai gedung sendiri yang menjadi aset Pemerintah Provinsi Papua Barat,” ucapnya.
Lanjut Orgenes Wonggor memaparkan, sejenak mengenang kembali gedung kantor DPR Papua Barat yang telah kena musibah terbakar pada 19 Agustus 2019 yang lalu. Sesungguhnya dibangun di atas tanah yang dipinjam pakaikan oleh Pemerintah Kabupaten Manokwari kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat.
Setelah peristiwa kebakaran itu, DPR Papua Barat berkantor menggunakan gedung pinjam pakai dari aset pemerintah Provinsi Papua Barat yang sedianya ini diperuntukkan sebagai kantor Dinas Perkebunan pada saat itu. “Tentunya DPR Papua Barat sangat berterima kasih sekali kepada pemerintah provinsi yang telah menyediakan gedung tersebut untuk sementara waktu dapat melakukan aktivitas kedewanan,” tuturnya.
Namun gedung tersebut menurutnya, belum representative untuk sebuah perkantoran DPR Papua Barat, karena selain memiliki ruang yang sangat terbatas dan untuk memenuhi ruang kerja fraksi, serta alat kelengkapan dewan yang sekretariat dewan juga belum memiliki ruang rapat paripurna yang merupakan simbol rapat tertinggi DPR Papua Barat.
“Hal ini memang sudah seharusnya segera dipikirkan dan mewujudkan pembangunan gedung kantor DPR Papua Barat oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat. Bersyukur kepada Tuhan karena ada titik terang, kebutuhan kantor DPR Papua Barat akan diwujudkan dan dimulainya pembangunan. Untuk itu kami atas nama pimpinan anggota DPR Papua Barat sangat berterima kasih kepada bapak Gubernur yang telah berupaya untuk memulai rencana pembangunan dimulai hari ini dan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung DPRD Papua Barat,” jelas Orgenes.
Orgenes sangat mengapresiasi kebijakan Gubernur membangun gedung DPR Papua Barat yang akan segera diwujudkan. “Gedung kantor ini sangat perlu untuk menunjang kinerja pimpinan dan anggota DPR Papua Barat serta sekretariatnya dalam bekerja melaksanakan tugas fungsinya masing-masing. Kenyamanan dalam bekerja sangat mempengaruhi etos kerja anggota dewan, guna mewujudkan kinerja yang lebih baik sebagai wakil rakyat di provinsi ini,” ujarnya.
Dikatakan bahwa tugas dan tanggungjawab akan dipertaruhkan dalam gedung kantor DPR Papua Barat ini. Tentunya rencana pembangunan gedung kantor DPR akan memberikan dampak positif dalam tugas dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat yang akan menampung semua aspirasi masyarakat dan menjawab aspirasi di Provinsi Papua Barat.
Orgenes berharap, pembangunan ruangan-ruangan nantinya dapat memenuhi kebutuhan bagi semua fraksi-fraksi DPR Papua Barat dan alat kelengkapan dewan. “Tidak ada halangan apalagi sampai mandek pembangunan,” tandasnya.
Lebih lanjut Wonggor juga berharap, perencanaan anggaran dapat dilakukan sesuai mekanisme peraturan perundang-undangan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena diyakini pembangunan gedung ini tidak akan selesai dalam satu tahun anggaran berjalan.
“Kami memahami pembangunan gedung ini tentunya akan dilakukan dengan penganggaran yang multi years dan memakan waktu yang cukup lama. Namun kami yakin dan percaya bahwa hal ini pasti akan terwujud menjadi gedung yang bagus sesuai harapan,” katanya.
Orgenes menambahkan, tidak ingin mengobrol janji, tak ingin dibully dan membully, yang diinginkan adalah menjadi wakil rakyat yang sejati dan bekerja untuk masa depan provinsi ini, memberi kesejahteraan bagi rakyat.  “Biarkan kami bekerja di tempat ini. Karena terwujudnya gedung ini nantinya akan jadi saksi saat kami mengabdi,” pungkasnya. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.