Prof Charlie Peringkat Pertama PPT Teladan Anugerah ASN 2020

0
97
JAKARTA,KLIKPAPUA.com– Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) kembali digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di tahun 2020. Anugerah ASN merupakan penghargaan bagi sosok ASN yang telah berkontribusi nyata bagi organisasi dan masyakarat dapat mengilhami, menggerakkan serta membangkitkan semangat ASN yang lain dalam peningkatan kualitas SDM aparatur. Sama dengan tahun sebelumnya, ajang Anugerah ASN 2020 ada tiga kategori, yakni Pejabat  Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan, PNS Inspiratif, dan The Future Leader.  Penilaian untuk semua kategori mempertimbangkan aspek inovasi yang terdiri atas originalitas dan dampaknya terhadap masyarakat/organisasi serta menilai strategi penerapannya, serta perspektif keterkaitannya dengan reformasi birokrasi.
Untuk mengikuti ajang Anugerah ASN tahun 2020, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta. Di antaranya, ASN yang akan diusulkan belum pernah mendapatkan Anugerah ASN; memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik; serta memiliki inovasi/prestasi yang luar biasa yang dirasakan oleh organisasi dan atau masyarakat. Atas syarat itu, Prof. Dr. Charlie D Heatubun, S.Hut, M.Si, FLS Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat berhasil keluar sebagai juara pertama PPT Teladan Anugerah ASN 2020.
Sebelumnya harus melewati seleksi administrasi, seleksi tahap I, dan kemudian tahap II selanjutnya masuk dalam seleksi wawancara dan verifikasi dan sampai tersaring 3 TOP Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan 2020. Dalam rilis 17 Oktober lalu, ada 100 nomine dari pendaftar sebanyak 955 dari seluruh Indonesia termasuk luar negeri terpilih 100 nominee yang terdiri dari 30 nomine PNS Inpiratif, 30 Nomine untuk kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PTT) Teladan dan 30 nomine untuk ketegori the future leader .
Seleksi yang cukup ketat yang dimulai dari administrasi, pendalaman materi yang diusulkan, pendalaman bukti dan fakta terkait materi yang didaftarkan yang berkontribusi nyata di daerahnya, selanjutnya setelah melewati seleksi tahap II yang baru dimumkan 28 Oktober 2020, dengan tersisa 30 nominee untuk 3 kategori, dimana Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat termasuk dalam Top 10 nomine Pejabat Pimpinan Tinggi (PTT) Teladan, selanjutnya nominee mengikuti tahap verifikasi lapangan serta tahap presentasi dan wawancara sebelum memperebutkan gelar anugerah ASN 2020 pada 11 Desember 2020 dan sampai pada penetapan Top 3 terbaik kandidat Anugerah ASN 2020.
Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan di Provinsi Papua Barat melalui pencanangan Provinsi Pembangunan Berkelanjutan adalah yang pertama di Indonesia dan dunia, merupakan materi yang diusung dalam mengikuti lomba anugerah ASN 2020 ini, dimana peran signifikan yang diemban, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut, M.Si, FLS sebagai Kepala Balitbangda dalam membantu Gubernur Provinsi Papua Barat memotori dan menginisiasi semangat dengan kolaborasi dengan berbagai Mitra Pembangunan dalam memimpin dan mengawal serta memastikan setiap komitmen dapat berjalan dengan baik dan terus melakukan berbagai inovasi, terobosan dan akselerasi untuk pencapaian pembangunan dan pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan di Papua Barat.
Komitmen bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat, Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Pusat, Mitra Pembangunan Lokal, Nasional dan Internasional, untuk memulai pendekatan pembangunan yang lebih menghargai jasa lingkungan dan menjaga kelestarian sumber daya alam akan memberikan manfaat lebih bagi kesejahteraan masyarakat adat. Komitmen ini terus dikawal dengan baik oleh Prof Charlie, yang adalah salah satu pejuang pemekaran Provinsi Irian Jaya Barat sebagai konseptor dari berbagai ide dan gagasan besar yang lahir di Provinsi ini. (rls)

Sumber: Baligbanda Papua Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.