PMI Ajak Warga Manokwari Jadi Pendonor

0
Staf Pelayanan dan Pelestarian Donor Darah Sukarela di Unit Donor Darah PMI Papua Barat, Abdulla Patty. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua Barat membutuhkan banyak pendonor untuk memenuhi kebutuhan stok darah bagi mereka yang membutuhkan. Mengingat saat ini banyak yang membutuhkan transfusi darah.
Staf Pelayanan dan Pelestarian Donor Darah Sukarela di Unit Donor Darah PMI Papua Barat, Abdulla Patty, menyampaikan saat ini yang tersedia di PMI hanya stok golongan darah B dan AB, sedangkan untuk stok darah O dan A sedang kosong.
“Saat ini stok darah yang lagi dibutuhkan warga masyarakat yakni golongan darah O dan A, beberapa waktu lalu kita telah melaksanakan kegiatan, namun karena meningkatnya warga yang membutuhkan transfusi darah, maka stok tersebut sudah disalurkan,” ungkap Abdulla Patty saat ditemui klikpapua.com di kantor PMI Papua Barat, Senin (21/3/2022).
Dikatakan Abdulla, meskipun kegiatan donor dilakukan dan mendapat stok sebanyak 50 kantong, itu tidak akan bertahan lama, 4-5 hari stok darah akan habis karena memang kebutuhan darah di Manokwari lagi tinggi.
Kita di PMI sering mengalami kekosongan, karena sukarela pendonor sedikit dibandingkan dengan kebutuhan kita di Manokwari, sehingga terkadang warga yang membutuhkan darah harus membawa keluarga atau kenalan jika terjadi kekosongan di PMI,” tandasnya.
Lebih lanjut Abdulla menyampaikan, para pendonor yang sudah mendonorkan darahnya, donor berikutnya harus dilakukan tiga bulan kemudian. “Sehingga seperti  yang saya sampaikan kebutuhan darah di Manokwari sangat tinggi, tapi yang sukarela mendonorkan darahnya sangat sedikit. Kalau pendorong sukarela  banyak maka bisa mengimbangi  kebutuhan warga,” tuturnya.
Ditambahkan, untuk mengantisipasi  kekurangan  stok darah, PMI terus melakukan berbagai macam cara  dengan melakukan sosialisasi, mengimbau , memasukkan surat. “Dan bagi pendonor sukarela kami yang sudah waktunya donor kami mengimbau untuk segera donor. Besok kami akan melaksanakan aksi donor darah yang bekerjasama dengan Bekangdam, kami mau mengajak seluruh warga masyarakat yang mau mendonorkan  darahnya untuk bisa datang untuk menyumbangkan setetes darahnya bagi mereka yang membutuhkan,” tandasnya. (aa)
SPACE
SPACE
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.