Perwakilan SKK Migas Pamalu dan Unipa Resmikan Migas Center

0
642

KLIKPAPUA.COM, MANOKWARI–Rektor Universitas Papua (Unipa) Dr. Ir. Jacob Manusawai, MH dan Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Pamalu, A. Rinto Pudyantoro meresmikan Migas Center Unipa di kampus Manokwari, Selasa (21/5/2019).

Fasilitas yang berlokasi di Fakultas Teknik ini diharapkan dapat menjadi sentra informasi dan aktivitas terkait hulu migas di Papua Barat.

Rektor Unipa menyambut baik kehadiran migas center di Unipa. “Semoga ini bisa menjadi bentuk kerja sama yang saling memberi manfaat,” ujarnya. Diharapkan SKK Migas dapat menindaklanjuti program ini dengan aktivitas-aktivitas lain misalnya kuliah kerja nyata tematik yang bisa memberikan pengalaman lapangan bagi mahasiswa.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Pamalu A. Rinto Pudyantoro memberikan apresiasi atas partisipasi aktif mahasiswa Unipa dalam menyiapkan migas center. “Semua pengerjaan dan persiapan migas center dilakukan oleh mahasiswa Unipa sendiri,” ujarnya.

Untuk membuat migas center tetap hidup, Unipa dan SKK Migas Perwakilan wilayah Pamalu juga menginisiasi Oil and Gas Club yang akan mewadahi mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu untuk berdiskusi tentang dunia migas dan beraktivitas di migas center tersebut.

“Semoga dengan adanya migas center ini bisa membuka komunikasi yang lebih baik antara Unipa dengan SKK Migas dan Kontraktor KKS,” ujar Rinto.

Peresmian ini juga dihadiri Kepala Dinas ESDM Provinsi Papua Barat, Yohan Abraham Tulus SH MH, Dekan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Unipa Yulius Ganti Pangkung, S.T., M.Eng, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumatera Utara Avicenia Darwis dan perwakilan Kontraktor KKS yang beroperasi di Papua Barat.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Papua Barat Yohan Abraham Tulus SH MH mengimbau semua mahasiswa Unipa untuk memanfaatkan fasilitas migas center ini sebaik mungkin. “Fasilitas seperti ini belum tentu ada di tempat lain,” ujarnya.

Kepala Dinas ESDM juga berharap SKK Migas memiliki program kerja sama yang konkret untuk memfasilitasi mahasiswa Unipa melaksanakan kerja praktik lapangan dan tugas akhir di industri hulu migas.

Dalam kesempatan peresmian tersebut, turut hadir Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Avicenia Darwis, yang turut menyampaikan kebahagiaannya bahwa pengembangan pendidikan telah diprioritaskan untuk mahasiswa/i Indonesia, sehingga di waktunya nanti, seluruh kegiatan perminyakan Indonesia akan dilakukan oleh Perusahaan Indonesia dan masyarakat Indonesia sendiri.

Ia juga menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan Oil dan Gas Club, yang di inisiasi oleh perwakilan SKK Migas Pamalu, sebagai kegiatan yang berada di Migas Center kampus- kampus di Papua, menjadi inspirasi baginya dan merupakan oleh-oleh yang berkesan dari Tanah Papua, dan juga akan coba melaksanakannya di area perwakilan SKK Migas Sumbagut.(rls/bsm)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.