Pertumbuhan Ekonomi Papua Barat Capai 2,90 Persen Pada Triwulan II-2023

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat mengumumkan pertumbuhan ekonomi Papua Barat pada triwulan II tahun 2023 ini tumbuh 2,90 persen secara tahunan atau year on year (yoy), capaian ini menunjukkan adanya perbaikan kinerja ekonomi dibandingkan kondisi triwulan II tahun 2022.

Hal ini disampaikan, Plt. Kepala BPS Papua Barat Lasmini, pada saat merilis pertumbuhan ekonomi Papua Barat triwulan II 2023, Senin (7/8/2023) di kantor BPS Papua Barat.

Lasmini mengungkap, indikator ini masih meliputi 13 kabupaten/kota di Papua Barat maupun Papua Barat Daya.

Kinerja lapangan usaha Industri Pengolahan memberi andil terbesar pada pertumbuhan ekonomi Papua Barat di triwulan II-2023 dengan sumber pertumbuhan sebesar 3,58 persen.

Hal ini juga didukung dengan membaiknya aktivitas produksi di lapangan usaha Pertambangan dan Penggalian yang memberi sumber pertumbuhan sebesar 0,71 persen.

“Meningkatnya permintaan domestik dan luar negeri untuk kebutuhan Ekspor Barang dan Jasa menjadi sumber pertumbuhan sebesar 11,52 persen secara yoy yang mendongkrak kinerja perekonomian di triwulan II tahun 2023,” kata Lasmini.

Disebutkan juga, selain ekspor barang dan jasa, komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah juga menopang perekonomian triwulan II-2023 dengan sumber pertumbuhan sebesar 2,30 persen. (dra)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.