Penandatanganan TP2DD, Bupati Hermus Apresiasi BI

0
90
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Bank Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari melakukan penandatanganan SK pembentukan TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah).
Penandatanganan yang berlangsung di Sasana Karya, Kantor Bupati Manokwari, Rabu (10/3/2021) dilakukan langsung oleh Bupati Manokwari, Hermus Indou didampingi Plh Sekda Merciana Djalimun.
Bupati Hermus Indou mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI) ini, karena secara langsung telah mendukung Pemda  Manokwari, sehingga menjadi daerah pertama di Papua Barat yang mampu merespon cepat keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2001, yang saat itu disahkan Jokowi pada 4 Maret 2021.
“Kegiatan ini membanggakan, karena mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi dan mendorong transformasi pembentukan sistem digital di Papua Barat,  BI dapat bersinergi dengan Pemda untuk membentuk TP2DD,” jelasnya.
Menurut Bupati, BI telah menjadi mitra strategis pemkab/kota dalam mendorong perekonomian Papua Barat ke arah yang lebih baik. Hal ini tampak jelas pada beberapa sinergi program, BI telah menginisiasi pembentuk Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) ditingkat kabupaten/kota sebagai upaya menjaga kestabilan harga bahan pokok. Juga dalam pengambilan kebijakan makro ekonomi di Papua Barat.
“Melalui penyerahan SK pembentukan TP2DD di Kabupaten Manokwari, kepada BI selaku wakil ketua, saya berharap melalui TP2DD ini mampu mencapai pengelolaan keuangan daerah lebih efektif dan efisien, sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah,” sebut Bupati.
Selain itu, ekonomi dan keuangan enklusif bertambah kuat, tingkat literasi digital semakin tinggi dan kesejahteraan lebih merata, dan kualitas pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan  melalui transaksi yang lebih cepat, mencegah kebocoran APBD dan menciptakan transparansi, serta integrasi ekonomi dan keuangan digital dapat terwujud lebih cepat.
Hermus mengatakan, Pemda Manokwari akan senantiasa mendukung percepatan perluasan digitalisasi daerah sebagai solusi bagi Pemda atas kendala yang dirasakan seperti kondisi SDM dan infrastruktur jaringan melalui kegiatan capacity bulding dan meningkatkan pemahaman serta kompetensi SDM, sehingga Fokus Group Discution  pada pihak terkait dan pengembangan infrastruktur jaringan di Papua Barat.
Bupati berpesan kepada Plh Sekda agar melakukan pengawasan secara langsung terhadap tindaklanjut TP2DD dengan mengoptimalkan kinerja OPD terkait, untuk bersama mengawal keberhasilan program agar nantinya Manokwari mampu mendorong transformasi ekonomi digital. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.