Pemkab Manokwari Ganjar Hadiah Puluhan Juta untuk Kampung Terbaik Kelola APBKAM 2021

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari memberikan hadiah puluhan juta kepada pemenang lomba kampung terbaik dalam mengelola anggaran pendapatan dan belanja kampung (APBKAM) tahun 2021.

Lomba pengelolaan APBKAM itu diprakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Manokwari, hadiah yang diberikan berupa 1 unit laptop dan uang senilai puluhan juta kepada setiap kampung terbaik.

Penyerahan hadiah tersebut bertepatan pada Rakor DPMK Manokwari pada, Selasa (13/12/2022) disalah satu hotel di Manokwari.

Kepala DPMK Manokwari Jeffry Sahuburua melaporkan, pada tahun anggaran 2021 DPMK Manokwari telah menilai kampung-kampung yang melaksanakan APBKAM secara baik. Ada dua kategori kampung yang dinilai yaitu kampung kecil dan kampung besar.

Untuk pemenang pengelolaan APBKAM terbaik tahun 2021 diantaranya, juara III kategori kampung kecil yaitu kampung Warnyeti distrik tanah rubuh, juara II kampung Kwauw Distrik Warmare, dan juara I diraih Kampung Soribo distrik Manokwari Barat.

Juara kategori kampung besar yaitu juara III kampung Macuan distrik Masni, juara II kampung Aimasi distrik Prafi dan juara I kampung Sidey Makmur distrik Sidey.

Jaura pengelolaan APBKAM terbaik 2021 diganjar hadiah uang dan laptop. Juara I Rp 50 juta, juara II Rp 30 juta dan Juara III Rp15 juta masing-masing juara mendapatkan 1 unit laptop.

Hadiah tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Manokwari Hermus Indou, Ketua Komisi B DPRD Manokwari Romer Tapilatu dan Kepala DPMK Manokwari Jeffry Sahuburua kepada para kepala kampung.

Bupati Manokwari Hermus Indou mengapresiasi capaian prestasi kampung penerima hadiah, dan meminta dapat menjadi contoh kampung lainnya.

Pengelolaan APBKAM tidak hanya dilihat dari penatausaha keuangannya, tetapi dilihat juga dari sejauh mana pemerintah kampung bisa mendapatkan pendapatan konvensional yang ada.

“Prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi 158 kampung lainnya di Manokwari,” kata Bupati Hermus. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.