Papua Barat Raih Universal Health Coverage 2023

0
Penghargaan Universal Health Coverage 2023 diterima Pj. Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw. (Foto: Ist)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Penghargaan Universal Health Coverage 2023 diterima Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw dan diboyong ke Papua Barat, Selasa (14/3/2023).
Universal Health Coverage adalah penghargaan atas  keberhasilan suatu daerah (maupun negara) dalam menerapkan sistem pelayanan kesehatan kepada seluruh penduduknya. Dan hal ini berdasarkan 16 jenis layanan kesehatan dasar, dalam empat kategori yang dicanangkan World Health Organization (WHO), yaitu Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Penyakit Menular, Penyakit Tidak Menular, Kapasitas dan Akses.
“Kami memiliki concern dan komitmen yang kuat agar masyarakat mudah mendapatkan hak mereka atas pelayanan kesehatan,” kata Gubernur Waterpauw.
Seperti diketahui, kesehatan adalah hak azasi manusia dan juga investasi. Hal inilah yang melandasi Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, yang salah satunya melalui pemutakhiran pelayanan BPJS.
“Jika biasanya ada dua fase pelayanan BPJS, yaitu fase administrasi dan -satu minggu kemudian- baru mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, maka di Provinsi Papua Barat proses itu bisa  dilaksanakan secara sekaligus, mendaftar hari ini  dan bisa langsung berobat,” kata Gubernur Waterpauw. Proses satu fase ini rata diterapkan di seluruh kabupaten di Papua Barat.
Bukan hanya dari sisi administrasi, Gubernur Waterpauw menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Papua Barat selalu mengawal dan meng-up grade fasilitas penunjang kesehatan (baik bangunan fisik, alat kesehatan), jumlah dan kualitas dokter, dan  aksesibilitas penunjang kesehatan lainnya.
“Meski demikian, di antara tujuh kabupaten masih ada satu kabupaten yang belum memiliki Rumah Sakit Umum Daerah, yaitu Kabupaten Pegunungan Arfak. Ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama,” tandas Gubernur.
Karenanya, Gubernur juga menggandeng pihak rumah sakit swasta untuk ikut membantu dan turut  bertanggung jawab atas pelayanan kesehatan masyarakat. (rls/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.