Ketua KPU Manokwari: Rawan Satu Bisa Menjadi Aman Satu

0
51
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari, Abdul Muin Salewe. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari, Abdul Muin Salewe, menyampaikan pada November 2020 Kabupaten Manokwari menjadi rawan satu tingkat Nasional dalam pelaksanaan Pilkada. “Namun hari ini bisa menunjukkan barometer demokrasi untuk Indonesia, bahwa dari rawan satu tingkat Nasional bisa menjadi aman satu,” kata Muin saat ditemui di kantor KPU Manokwari, Sabtu (20/2/2021).
Muin bersyukur karena kerawanan pemilu ditingkat Nasional yang sangat rawan sekali  menjadi aman satu. “Sampai hari ini puji Tuhan kita tidak kurang satu apapun, yang keluar hanya keringat dan suara, tidak ada sentuhan-sentuhan fisik antara satu dengan lainnya,” jelasnya.
Selain itu, Muin mengaku sempat pesimis angka partisipasi pemilih saat Covid-19 menurun, namun setelah sosialisasi kepada pemilih untuk datang ke TPS oleh kandidat, pesimis itu menjadi optimis. Dan akhirnya melampaui target Nasional.
“Standar Nasional di Pandemi Covid-19 adalah 75 persen, namun karena partisipasi masyarakat dan sosialisasi yang selalu diberikan kepada masyarakat dari masing-masing kandidat, akhirnya presentase pemilih kita melebihi batas Nasional yakni 78 persen pemilih,” ungkapnya.
Muin menambahkan perbandingan pemilu sebelumnya saat belum ada pandemi Covid-19, memang angka partisipasi tinggi sekali. “Pilkada sebelumnya kita 80 persen sangat tinggi sekali, namun karena dengan Covid-19 kita rasional saja diatas 75 persen kita sudah sangat bagus,” tutup Muin.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.