Kemenkes Bakal Dukung Peningkatan RSUD Provinsi Papua Barat

0
25
Sesditjen Kemenkes RI, dr Azhar Jaya, SKM, MARS. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Sesditjen Kemenkes) RI, dr Azhar Jaya, SKM, MARS menyampaikan bahwa Menteri Kesehatan RI berpesan agar pembangunan kesehatan di Papua Barat tidak boleh berhenti hanya dengan pembangunan ataupun peresmian RSUD Provinsi Papua Barat.
“Pak Menteri menyampaikan masih banyak kebutuhan kesehatan yang perlu dan harus diberikan kepada masyarakat Papua Barat,” ujar Sesditjen Kemenkes RI, dr Azhar Jaya, SKM, MARS saat peresmian RSUD Provinsi Papua Barat, Senin (9/5/2022).
Menkes juga berpesan agar bangunan tersebut tidak hanya megah secara fisik, tetapi juga harus dapat memberikan pelayanan, dalam arti rumah sakit sesungguhnya. “Beliau (Menkes) tidak ingin rumah sakit ini seperti puskesmas besar, dalam tanda kutip bangunannya megah, tapi pelayanannya tidak berupa pelayanan rumah sakit hanya pelayanan seperti puskesmas di dalam bangunan yang megah,” ujarnya.
Menkes juga menilai keberadaan SDM sangat penting, sehingga Menteri Kesehatan memberikan perhatian kepada RSUD tersebut. “Beliau (Menkes) sedang memikirkan terkait pemenuhan SDM-nya, dan memang masalah SDM kesehatan tidak bisa diselesaikan oleh Pemprov Papua Barat saja, kami pun juga di pusat akan turun tangan, terutama terkait pemenuhan tenaga dokter dan dokter spesialis,” ungkapnya.
Menurutnya, telah dilakukan rapat, dimana berapa tenaga spesialis yang “bandel” akan dikembalikan ke Papua Barat sesuai perjanjian awalnya. Dengan demikian keberadaan tenaga dokter spesialis, tenaga perawat, maka rumah sakit tersebut akan bisa melaksanakan fungsinya sebagai rumah sakit dalam artian rumah sakit sebenar-benarnya, bukan puskesmas besar. “Saat saya memasuki lahan ini, saya merasa adem sekali, karena saya melihat Indonesia  sesungguhnya  yang damai sejahtera ada di sini. Mulai dari adatnya kita  disambut dengan baik, terima kasih banyak gubernur kemudian tokoh  agamanya semuanya adem dan rasa tenteram, nyaman dan damai inilah yang bisa  membuat Pemprov Papua Barat bekerja dengan baik, karena rasa adem,nyaman inilah  yang bisa membuat kita semua mencurahkan pembangunan untuk masyarakat, dan ini kita lihat hari ini dengan diwujudkannya peresmian RSUD Papua Barat,” pungkasnya. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.