Gubernur Dominggus: Hadirnya  RSUD Papua Barat sebagai Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

0
29
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan bersama unsur forkopimda usai peresmian RSUD Provinsi Papua Barat, Senin (9/5/2022).(Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan, pembangunan rumah sakit merupakan realisasi program Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai merupakan faktor penunjang bagi tenaga kesehatan untuk meningkatkan kinerja yang profesional sesuai dengan pelayanan kesehatan yang diharapkan oleh masyarakat. Ini disampaikan Gubernur Papua Barat  Dominggus Mandacan saat meresmikan RSUD Provinsi Papua Barat, Senin (9/5/2022).
Dominggus menyampaikan rasa syukur bangga dan bahagia yang mendalam atas diresmikan RSUD Provinsi Papua Barat yang tentunya akan memberikan kontribusi dalam pelayanan publik khususnya pelayanan kesehatan di Manokwari dan Provinsi Papua Barat.
“Pembangunan RSUD Provinsi Papua Barat merupakan bagian terpenting dari upaya pemerintah untuk meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang juga menjadi amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otsus Papua,” ungkapnya.
Lebih lanjut disampaikan, RSUD Provinsi  saat ini masih merupakan rumah sakit tipe C, oleh karena itu Gubernur mengharapkan kepada Menteri Kesehatan dapat membantu, khususnya dokter spesialis yang sementara ini sangat dibutuhkan. Dan juga dapat membantu dalam akreditasi, sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama tipe rumah sakit dapat dinaikkan menjadi tipe B.
Selain itu, Gubernur berpesan dan mengingatkan kepada direktur,  tenaga kesehatan, dan seluruh karyawan  agar melayani dengan tulus, melayani dengan hati, bersikap sopan, dan ramah kepada masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan,  saling memberikan motivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugas pengabdian. “Juga selalu merawat dan memelihara seluruh gedung fasilitas yang telah kita bangun dan siapkan dengan susah payah,” tandasnya.
Lebih lanjut dikatakan, tidak boleh ada yang merokok dan makan pinang sembarangan dalam areal rumah sakit, sehingga semua fasilitas yang tersedia terlihat bersih, rapi, indah dan dapat digunakan dengan baik dan memberikan hasil yang optimal secara terus menerus.
“Melalui kesempatan yang baik ini saya menyampaikan terima kasih kepada Almarhum  Gubernur Abraham O Atururi yang sudah meletakkan  dasar pembangunan rumah sakit ini sejak awal dan saya tinggal melanjutkan bahkan saya tingkatkan dan kedepan merupakan tanggung jawab kita bersama,” kata Gubernur.
Ucapan terima kasih juga disampaikan Gubernur kepada konsultan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan, Kepala Dinas Kesehatan beserta seluruh jajaran dan kepada semua pihak yang ikut memberikan saran masukkan pertimbangan pendampingan dan pengawasan dalam membangun rumah sakit.
“Mari bersama  menjaga dan merawatnya  RSUD Provinsi  ini jangan kita rusak karena ini merupakan fasilitas umum, yang memberikan  pelayanan kesehatan  medis kepada semua orang yang sakit yang membutuhkan pelayanan,” harapnya.
“Saya ingatkan lagi kepada seluruh masyarakat kota kita, ini Kota Injil sehingga perilaku kita harus mencerminkan Kota Injil bukan dalam hati kita merusak, yang saya bicarakan ini nyata rumah sakit pun juga bisa dirusak, jadi saya harapkan security  ditempatkan di sini agar rumah sakit tetap  bersih agar orang sakit yang datang itu pulang dalam keadaan sehat,” pungkasnya. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.