Kawal Hak Pilih, Bawaslu Pegaf Uji Petik Coklit Data Pemilih Pilkada 2024

0
Bawaslu Pegaf melaksanakan uji petik pencoklitan data pemilih Pilkada 2024 di Distrik Minyambouw. (Foto: Ist)

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com – Untuk memastikan akurasi data pemilih pada Pemilihan serentak tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), melaksanakan uji petik atau penelitian verifikasi terhadap proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (Pantarlih) di Kelurahan Ayau, Distrik Minyambouw, Selasa (23/7/2024).

Uji petik ini dilaksanakan oleh Ketua Bawaslu Pegaf, Yairus Towansiba, bersama anggota septinus Iryo dan Staf sekretariat, Panwascam dan PKD Minyambouw.

“Jelang berakhirnya tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) pada Pemilihan serentak 2024, kami melakukan monitoring dan kegiatan uji petik yang dilakukan oleh Panwascam Distrik Minyambouw di Kelurahan Ayau pada Selasa (23/07/2024),” kata Anggota Bawaslu Pegaf, Septinus Iryo.

Iryo menjelaskan, hasil uji petik itu dipastikan telah sesuai prosedur yang dilaksanakan oleh petugas Pantarlih setempat.

“Uji petik ini sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa proses coklit yang dilakukan telah sesuai prosedur agar hak pilih masyarakat dapat terakomodir seluruhnya,” kata Iryo

Pelaksanaan Coklit ini telah berlangsung sejak 24 Juni dan dijadwalkan selesai hari ini, Rabu (24/7/2024).

Ketua Bawaslu Pegaf, Yairus Towansiba menambahkan, uji petik yang dilakukan Bawaslu ini adalah rangkaian dari Patroli Pengawasan sesuai dengan Instruksi Bawaslu Republik Indonesia Nomor: 6235.1 Tahun 2024.

Yairus mengatakan, melalui uji petik ini, pengawas Pemilu dapat memastikan kesesuaian prosedur Pantarlih dalam melakukan Coklit kepada Pemilih.

“Kami bersama Panwascam Distrik Minyambou melakukan uji petik dengan mendatangi rumah pemilih yang sudah tercoklit untuk memastikan kesesuaian prosedur Pantarlih dalam melakukan Coklit,” ujarnya. (dra)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.