Kapolda PB: Kami Siap Sukseskan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 Terkait Penanganan Covid-19

0
96
Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI, KLIKPAPUA.COM– Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing  memberikan arahan kepada seluruh anggota  TNI-POLRI di lapangan Makodam, Jumat (18/9/2020). Kapolda  mengatakan ditengah-tengah Covid-19 TNI-Polri dipercaya oleh Negara untuk melakukan sesuatu di dalam proses percepatan penanganan Covid-19.
Dengan adanya sinergitas TNI-POLRI ini, tidak ada sekat-sekat lagi untuk melakukan hal-hal yang memang bisa disinergikan. Selama ini sudah ada beberapa kegiatan yang melibatkan seluruh jajaran TNI-Polri. “Dalam pendisiplinan masyarakat ataupun kita melaksanakan safety driving ataupun safety riding pada hari ini dengan proses apel gabungan, ini diadakan juga bukan hanya di Kodam, tapi di Polres dan Kodim di seluruh jajaran, dan ini serentak dilakukan dan kita akan melaporkan bahwa kita siap melaksanakan ataupun mensukseskan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 terkait penanganan Covid-19 dan dan pemulihan ekonomi nasional,” ujar Kapolda.
Menurut Kapolda, dua institusi yang dipercaya Presiden ini serius meminta masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan. “Memang betul kata Panglima kita, perlu kesabaran persuasif karena mereka juga sudah hopeless terkait pandemi Covid-19, kita tahu bahwa kebiasaan-kebiasaan mereka terhenti gara-gara proses ini, karena terjadinya pandemi Covid-19.  Sehingga keberadaan kita saat menegakan hukum sangat diharapkan bisa melaksanakan dengan persuasif, dan tidak ada kekerasan kepada masyarakat,” katanya.
 Dan hal ini dibuktikan dengan adanya peraturan gubernur turunan dari Inpres Nomor 6 Tahun 2020. Adanya Peraturan Gubernur Nomor 23 tahun 2020 terkait peningkatan disiplin dilakukan dengan stasioner maupun mobile.
“Stasioner kita melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti operasi yustisi, karena di Pergub Nomor 23 Tahun 2020 u itu menyebutkan ada beberapa sanksi, nah tapi dalam hal ini kita break down dan kita sudah sepakat kemarin dengan gubernur dan wagub, mungkin nanti kita ada sanksi yang lebih persuasif misalnya seperti kita meminta kepada yang lupa bawa masker untuk bisa membeli masker,  tapi yang paling penting mereka menghafalkan pancasila, ” tuturnya.
Yang diharapkan kita yang mempunyai nilai disiplin tinggi hanya TNI-POLRI inilah yang diharapkan oleh pimpinanan,  sekarang ada 9 Polda di sembilan Provinsi yang diawasi langsung oleh Presiden termasuk Papua,  kita di Papua Barat belum masuk karena 9 provinsi ini mewakili angka terjangkit diatas 50 persen Covid-19 di Indonesia.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.