Kapolda Papua Barat Berikan 8 Penghargaan kepada Pejabat dan Anggota Polda dan Polres

0
59
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Pada hari ulang tahun ke76 Bhayangkara, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga memberikan delapan penghargaan kepada pejabat dan anggota Polda Papua Barat dan Polres.
Di antaranya, Direktur Lalu Lintas Polda Papua Barat, Direktur Kriminal Khusus (Dirkimsus), Polda Papua Barat, Dansat Brimob Polda Papua Barat, Kapolres Sorong Selatan, Kasubdit  IV Tipiter Ditreskrimsus, Pa Kasubbid Multimedia Bidhumas Polda Papua Barat, Kasat Polres Sorong, PS Pamin 6 Subbagrenmin Ro Rena.
Penyerahan penghargaan itu dilakukan Penjabat Gubernur Papua Barat Irjen Pol (P) Drs Paulus Waterpauw MSI didampingi Kapolda Papua Barat, pada syukuran HUT Ke76 Bhayangkara di ruang Arfak Convention Center Polda Papua Barat, Selasa (5/7/2022).
‘’Pertama saya menyampaikan terima kasih kepada Tuhan atas segala pencapaian ini,  kemudian saya menyampaikan terima kasih kepada keluarga saya, keluarga anggota Ditreksrimsus karena mereka adalah orang yang mempunyai peran di balik kesuksesan kita,’’ ujar Direskrimsus Romylus Tamtelahitu Ssos, SIK, Mkrim.
Menurut Dirkrimsus, tanpa keluarga, tanpa anggota dirinya bukan siapa-siapa, Ia juga memberikan apresiasi kepada pimpinan (Kapolda, red) yang selalu memberikan support, arahan sehingga Krimsus bekerja benar, tulus untuk masyarakat Papua Barat.
‘’Kita juga berikan apresiasi pada masyarakat dan juga teman-teman media,  yang mana menjadi kontrol sosial bagi kita Ditkrimsus untuk terus meningkatkan kinerja dalam pelayanan, khususnya tugas di bidang kriminal khusus, yang mana pada hari ini kita mendapatkan pencapaian penghargaan dari bapak Kapolda, setelah kemarin kita Ditrimsus Polda Papua Barat mendapat penghargaan dari Kapolri atas predikat khusus terbaik se-Indonesia,’’ kata Dirkimsus.
‘’Hari ini ini, kita dapat penghargaan dari bapak Kapolda,  dengan penghargaan ini menjadi tugas kita terus meningkatkan pelayanan terbaik bagi masyarakat,  khususnya masyarakat Papua Barat agar kita dapat menjaga Papua Barat aman, tertib,’’ jelas Kombes Pol Romylus Tamtelahitu.
Menurutnya, capaiaan penghargaan yang terkait penyelesaiaan kasus BBM bersubsidi, kedepan Ditkrimsus wajib menjaga ketersediaan BBM dan wajib menjaga kelestarian lingkungan dari kerusakan.
‘’Adanya tivitas pertambangan tanpa izin,  dengan adanya prestasi ini maka menjadi tugas Ditkrimsus terus mengedukasi masyarakat,  kita telah melakukan terobosan dengan mengirimkan personil ke daerah aktivitas tambang untuk mengimbau melalui pesan di spanduk, bahwa dilarang melakukan aktivitas penambangan tanpa izin,  karena ada ancaman sanksi pidananya, kata Dirkrimsus.
‘’Temuan kita, ada sebagian masyarakat belum tahu tindakan mereka itu melawan hukum, namun dengan adanya edukasi kita melalui spanduk-spanduk harapan kita masyarakat akan bisa akan mendukung  imbauan kita,’’ sebutnya.
Menurutnya, terobosan yang akan dilakukan kedepan,  tentu sesuai penekanan dari Kapolda,  bahwa kepolisian harus melek teknologi , Iptek, maka Ditkrimsus akan melakukan inovasi Iptek untuk dapat memberikan pelayanan masyarakat.
‘’Saat ini Ditkrimsus sudah punya layanan untuk masyarakat,  yaitu Whatsapp Cahatting polisi dasi merah., ini terobosan kreatif,  yang mana mendekatkan polisi dengan masyarakat,’’ sebut Dia.
‘’Yang mana selama ini masyarakat hendak melapor ke polisi harus ke kantor,  terobosannya memanfaatkan Iptek Wa Cheat polisi dasi merah, untuk membudahkan masyarakat,’’ sambungnya.
Ia mengatakan, terobosan wa chat ini korban atau terlapor dapt berkomunikasi langsung dengan para penyidik menangani perkembangan perkara masing-masing, sehingga pelapor atau korban dapat updating perkembangan perkaranya satu kali 24 jam.
Terebosan yang memberikan kemudahan pelayanan masyarakat ini dimaksud sesuai harapan Kapolda Irjen Pol Daniel Silitonga yang memerintahkan jajaranya dapat bergerak maju,  seiring perkembangan zaman dan teknologi.
‘’Iinilah salah satu yang nanti kita lakukan, sekaligus aplikasi terobosan lain yang menyentuh masyarakat,  kita buat rancang bangun buku registrasi online.  Selama ini registrasi di lingkungan reserse rata-rata manual,’’ katanya.
’’Misalnya penyidik hendak meminta nomor untuk berkas selama ini secara manual,  sehingga kita akan membuat buka register online. Jadi permintaan data  untuk nomor registrasipenyidik tidak lagi manual, tetapi kapanpun, dimanapun penyidik tidak perlu ke kantor,  dia bisa membuka registrasi secara online melalui hp-nya ini terobosan yang dalam waktu dekat kita launching
Tambahnya, bhawa itu beberapa hal kedepan yang dilakukan,  sehingga bisa bergerak maju.  Karena psan Kapolda apapun pekerjaannya dilakukan reserse harus dengan hati,  ini akan menjadi roh dan semangat dalam tugas maupun di masyarakat.
‘’Bapak Kapolda selalu menyampaikan apapun prestasi kita, bukan dicapai oleh kita sendiri,  tetapi dicapai kita bersama.  Jadi tidak ada kata-kata saya atas sebuah prestasi. Saya minta bantuan semua teman-teman, masyarakat, instansi terkait mari sama-sama jaga Kamtibmas di bidang criminal, karena keberhasilan menjaga keamanan dibutuhkan kerja tim,’’ ujar Dirkrimsus. (red)
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.