Jelang Pilkada Aplikasi C Rekap Belum Bisa Digunakan di 7 Distrik di Manokwari

0
86
Sekretaris KPU Manokwari, Rustam Efendi. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Sekretaris KPU Manokwari, Rustam Efendi mengatakan, semua formulir sudah disalurkan, baik formulis C plano, kemudian C rekap. Dan di back-up juga sama salinan untuk saksi dan pengawas lapangan dari Bawaslu serta untuk diumumkan oleh KPPS pada saat pleno  di TPS.
Untuk C rekap sendiri  dibutuhkan jaringan yang baik. Saat ini sedang dikoordinasi dengan Dinas Kominfo Kabupaten Manokwari terkait jaringan. “Memang ada kendala di jaringan untuk semua distrik,” tutur Rustam Efendi saat melakukan pengiriman logistik ke distrik-distrik, Senin (7/12/2020) di kantor KPU Manokwari.
Menurut Rustam, koordinasi terus dilakukan bersama teknisi Dinas Kominfo Kabupaten Manokwari terkait masalah gangguan jaringan. “Jadi kami mengharapkan dalam waktu yang secepat-cepatnya kendala ini bisa teratasi,” harapnya.
Dengan adanya gangguan jaringan pihaknya masih menunggu informasi dan konfirmasi dari Kominfo. Agar tanggal 9 Desember nanti jaringan sudah bisa digunaan, paling tidak untuk C rekap tingkat PPD dan tingkap KPU, karena aplikasi C rekap ini sangat mempermudah  KPU. “Namun tidak hanya itu KPU juga akan menyiapkan alternatif lainnya dengan mungkin dilakukan pengisian C rekap dengan manual, namun kami  tetap sangat berharap banyak semoga C rekap ini bisa berjalan sampai di tingkat paling tidak PPD dan tingkat KPU, sehingga itu mempermudahkan kita semua,” harapnya.
Ditambahkan Rustam, untuk titik koordinat TPS maupun PPS dan PPD sudah ada, cuma yang menjadi kendala jaringan untuk C rekap, mudah-mudahan  tidak terkendala nanti pada 9 Desember mendatang. “Untuk distrik yang masih bermasalah pada  jaringan itu terdapat pada Distrik Manokwari Utara, Distrik Manokwari Selatan, Tanah Rubuh, Warmare, Prafi, Masni, Sidey, sedangkan yang jaringannya tidak bermasalah yakni Manokwari Barat dan Manokwari Timut, namun kami sangat berharap pada saat tanggal 9 nanti ada 8 distrik dari 9 yang jaringannya sudah bagus, dan siap untuk C rekap, namun sampai hari H-nya tidak bisa maka alternatif lain dilakukan C rekapnya secara manual,” pungkasnya.(aa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.