Isak Tangis Mengantar Kepergian Demas Paulus Mandacan ke Peristirahatan Terakhir

0
331
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Pemakaman jenazah Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan  di Taman Bahagia-Manokwari, dipimpin langsung Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Kamis (23/4/2020).
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan, tidak hanya keluarga yang merasa kehilangan sosok Demas Paulus Mandacan. Namun, Pemerintah Papua Barat dan Kabupaten/Kota juga merasakannya. “Karena ada banyak karya dan pengabdian yang telah diberikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Manokwari. Ide, tenaga dan pemikiran konstruktif masih dibutuhkan, banyak harapan usulan program kerja, yang belum terselesaikan secara optimal, karena masa kerja pasangan Demas Paulus Mandacan dan Edi Budoyo periode 2016-2021,” tuturnya dalam sambutan saat pemakaman alm.Demas Paulus Mandacan di Taman Bahagia-Manokwari.
Sebagai Gubernur dirinya mengucapkan terimakasih kepada istri almarhum Indah Purnamasari yang telah mendukung, mendampingi semua tugas almarhum, baik suka maupun duka dalam menjalankan tanggungjawab mendapat dukungan dari istri dan anak-anak.
“Hari ini kita berkumpul di sini menyaksikan kuasa Allah melalui peristiwa kematian manusia. Sesungguhnya kehidupan bermula dan berakhir sesuai kehendak Tuhan. Tuhan yang memberi, Tuhan pula yang mengambil, terpujilah nama Tuhan,” ujar Dominggus.
Kepada keluarga yang ditinggalkan Gubernur meminta tabah, sabar dan ikhlas dalam menghadapi cobaan dari Tuhan. Dengan dipanggilnya Demas Paulus Mandacan, menghadap yang Kuasa yang sangat dikasihinya, sebagai umat yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus yakin bahwa almarhum telah pergi dengan tenang di sisinya.
“Karena kematian merupakan suatu kepastian yang akan kita alami oleh setiap manusia yang hidup di dunia ini. Tidak seorang pun dapat mengetahui kapan dan di manapun seseorang itu akan meninggal dunia, karena hal tersebut merupakan rahasia Allah,” tuturnya.
Gubernur mewakili keluarga memohon kepada semua masyarakat, apabila ada kekhilafan dan kekurangan dari perbuatannya Demas Paulus Mandacan, agar dapat dimaafkan.
Dari pantauan klikpapua.com turut hadir dalam pemakaman, Wakil Gubernur Papua Barat M.Lakotani, Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo, Wakil Bupati Manokwari Selatan Wempi Rengkung, Dandim 1801 Manokwari Kolonel Inf Juniras Lumbantoruan, Kafasharkan Manokwari Kolonel Laut (T) Purwoko dan bersama seluruh unsur Forkompimda Manokwari dan Papua Barat.

Terlihat isak tangis mengiringi prosesi pemakaman bupati, mulai dari ibadah penguatan di rumah duka, kantor Bupati Manokwari Sowi Gunung, Gereja Erikson Trit Jalan Merdeka, serta ibadah pelepasan saat hendak pemakaman.
Ratusan warga dan ASN Manokwari yang hadir dalam pemakaman itu tampak meneteskan air mata, semua merasa kehilangan sosok putra asli Papua Demas Paulus Mandacan.(aa/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.