High Level Meeting TP2DD Manokwari, Bupati Hermus Minta Pertahankan Championship TP2DD 2023

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Bupati Kabupaten Manokwari Hermus Indou, meminta seluruh OPD terkait, Forkopimda, lembaga keuangan Perbankan serta paltform pembayaran digital agar dapat menindaklanjuti program digitalisasi Pemkab Manokwari. Guna mempertahankan prestasi championship TP2DD 2023.

Hal itu dikatakan Hermus Indou yang juga sebagai ketua umum Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) pada High level meeting, Senin (6/11/2023) di Sasana Karya Kantor Bupati Manokwari.

Dengan tema “sinergitas elektronifikasi guna membangun digitalisasi pemerintah daerah”, high level meeting itu, dihariri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat, Kepala OPD Lingkup Pemkab Manokwari, Forkopimda dan Perbankan di Manokwari.

Bupati Kabupaten Manokwari Hermus Indou mengatakan, raihan predikat terbaik dalam digitalisasi transaksi pembayaran untuk wilayah Nusampua pada Oktober 2023 lalu di Jakarta merupakan, kolaborasi, kerjasama dan sinergi bersama berbagai elemen dan instrumen pemerintah daerah dengan BI Papua Barat.

Pada kesempatan itu, Bupati Hermus meminta kepada TP2DD untuk melakukan langkah-langkah antisipatif perbaikan laporan Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) semester II agar dapat mempertahankan prestasi tersebut.

“Indeks elektronifikasi pemerintah daerah kabupaten Manokwari semester I tahun 2023 sebesar 84,2 persen, menempati urutan ke dua setelah kabupaten Kaimana dengan indeks 91,7 persen. Ini bermakna terjadi penurunan nilai indeks,” tutur Bupati Hermus.

Beberapa penguatan yang akan kita laksanakan di semester II pengisian IETPD ini sampai dengan tahun 2025 sesuai Road MAP 2023-2025 antara lain Revisi keputusan Bupati Manokwari nomor 900/195/v/2022 tentang peta jalan (Road Map) percepatan dan perluasan digitalisasi daerah kabupaten Manokwari 2021-2025.

“Proses ini perlu dilakukan mengingat bahwa tolak ukur kinerja yang termuat dalam road map sebelumnya sudah tercapai dan perlu penyesuaian dengan tantangan baru yang sudah terindenrifikasi oleh tim teknis,” ucapnya.

Sebagai ketua umum TP2DD kabupaten Manokwari meminta, seluruh OPD terkait, Forkopimda, lembaga keuangan Perbankan serta paltform pembayatan digital agar dapat menindaklanjuti program digitalisasi Pemkab Manokwari.

Rommy S. Tamawiwy, Kepala Perwakilan BI Papua Barat mengatakan, Bank Indonesia hadir di Provinsi Papua Barat juga menjadi mitra strategis pemerintah, siap mensuport dan mendukung seluruh program-program pemerintah dalam konteks ekonomi digitalisasi dan pengembangan usaha masyarakat.

“Manokwari menjadi kabupaten terbaik dari sisi TP2D menjadi terbaik di kawasan Nusa Tenggara Maluku dan Papua,” ucapnya.

Rommy meyakini, Kabupaten Manokwari bisa wujudkan mimpi sebagai the smart city terutama dari sisi digitalisasinya.

“Perbankan siap menjadi mitra strategis, saya sebagai ketua Badan Musyawarah Perbankan terus koordinasi dengan perbankan untuk kita hadir di tanah Papua Barat khususnya hadir di Kabupaten Manokwari, menjadi solusi terutama menjadi berkat bagi tanah ini,” tukasnya.

Sebagai bentuk rasa syukur atas penghargaan TP2DD oleh Pemkab Manokwari, dilakukan pemotongan tumpeng oleh ketua umum TP2DD Manokwari.

Pemotongan tumpeng oleh bupati Manokwari, potongan pertama diberikan kepada wakil ketua TP2DD, Rommy S Tamawiwy, yang diikuti oleh kepala OPD dan Forkopimda Manokwari. (dra)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.