Gubernur Dominggus: Masuk dan Keluar Papua Barat Wajib Kantongi Surat Bebas Covid-19

0
141
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, melakukan sidak ke Posko Covid-19 Bandara Rendani Manokwari, Senin (28/9/2020). (Foto: Ist)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM–Gubernur Papua Barat sekaligus Ketua Umum Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, Dominggus Mandacan, melakukan inspeksi dadakan (sidak) ke Posko Covid-19 Bandara Rendani Manokwari.
Kedatangan gubernur melakukan sidak ini terkait keabsahan surat kesehatan yang dikeluarkan untuk para penumpang pesawat yang hendak berpergian maupun yang datang.
Menurut Gubernur, sidak yang dilakukan ini agar bisa menguji keabsahan surat sehat yang di bawa, apakah benar-benar dikeluarkan lembaga resmi atau tidak. “Semua ini dilakukan agar mendeteksi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Manokwari. Rapid test ini akan terus dilakukan, mulai dari hari ini akan kita lakukan di terminal kedatangan bandara maupun pelabuhan, mereka harus benar mengantongi bukti surat bebas Covid-19 dari daerah asal mereka datang,” ujar Dominggus Mandacan saat ditemui di Bandara Rendani Manokwari,Senin (28/9/2020).
Lanjut Gubernur mengatakan, akan dibuat kesepakatan bersama untuk kabupaten/kota agar semua pintu masuk baik bandara, pelabuhan dan jalan darat antara kabupaten-kabupaten untuk dilakukan pemeriksaan rapid test.
Lebih lanjut Gubernur menyampaikan, dari hasil sidak tadi ditemukan lima penumpang pesawat yang baru tiba saat melakukan rapid test dengan hasil reaktif, sehingga ditindak lanjut dengan pemeriksaan swab. Nantinya hasil pemeriksaan swab didapatkan ada yang positif maka akan dilakukan teguran terhadap maskapai penerbangan.
“Kita menunggu hasil pemeriksaan oleh tim medis jika didapatkan positif, maka kita akan mengumpulkan dan memberikan arahan untuk semua maskapai yang tujuan Manokwari agar mereka benar-benar membawa penumpang yang sehat menuju ke Kabupaten Manokwari maupun kabupaten lainnya yang berada di Papua Barat,” pungkasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.